Hasil Perolehan Suara Hitung Cepat Pilkada Pati 2017

Pilkada Pati 2017Pada hari ini, Rabu 15 Februari 2017 Kabupaten Pati telah selesai menggelar pemilihan kepala daerah (PILKADA). Pemilukada ini dilaksanakan untuk memilih pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil bupati kabupaten Pati untuk periode 2017-2022.

Penghitungan suara secara manual oleh pihak KPU melalui KPPS yang bertugas di masing-masing TPS. Setelah itu hasil perhitungan surat suara tersebut akan dihitung di tingkat KPUD untuk dilakukan rapat Pleno rekapitulasi penghitungan suara.

Sementara, selain KPU mungkin ada pula pihak lain yang melakukan perhitungan lain dengan metode Quick Count, Hitung cepat, atau Real count. Namun hasil perhitungan oleh Pihak KPUlah yang dianggap sah atau resmi. Suara terbanyak yang akan menentukan siapa yang menjadi pemenang dalam PILKADA ini.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menetapkan satu pasangan tunggal untuk calon bupati dan wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah Februari 2017. KPU menetapkan petahana yang juga calon bupati Haryanto dan calon wakil bupati Saiful Arifin.

Haryanto dan Saiful Arifin diusung oleh delapan partai politik, yaitu PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Demokrat, Golkar, PKS, Hanura dan PPP. Total dukungan untuk pasangan ini di dewan sekitar 46 kursi.

Pasangan ini melawan kotak kosong dalam lembar pencoblosan. Kartu suara pencoblosan diisi ke dua kotak, yaitu satu kotak berisi pasangan calon dan sisanya kotak kosong. Pemilih boleh memilih salah satunya.

Meski calon tunggal, pasangan ini harus mendapat suara setidaknya 50 persen plus satu suara sah untuk ditetapkan sebagai pemenang pilkada.


Berikut ini hasil perolehan suara pada Pilkada Kab. Pati 2017

Hasil Hitung KPU dari TPS (Form C1) Kabupaten Pati dengan data masuk: 2.295 dari 2.295 TPS atau 100%.
  1. H. HARYANTO, SH, MM, M.Si dan H. SAIFUL ARIFIN 74.51% atau 519.627 suara.
  2. KOSONG 25.49% atau 177.771 suara.