Hari ini KPU pantau Pencetakan Surat Suara Pilpres 2014

Surat Suara Pilpres 2014
Setelah sebelumnya KPU resmi tetapkan bentuk suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan digelar 9 April 2014.

Untuk memastikan Pilpres berjalan dengan lancar, KPU memantau langsung Pencetakan surat suara di PT Gramedia yang berlokasi di Jalan Angsana Raya Blok A2 Nomor 1 Delat Silicon Cikarang, Bekasi, Sabtu (14/6).

Komisioner KPU Ferry Kurnia Riskiyansyah sebagai petugas peninjau, mengatakan sudah memantau mulai dari proses cetak, warna, potong, sampai dengan pengemasan. Di percetakan Gramedia ini ada dua yang dicetak yaitu surat suara dan daftar pasangan calon.

Beberapa hal yang menjadi perhatian KPU:
  • Proses harus sesuai SOP dan spesifikasi KPU. 
  • Surat suara harus tepat jumlah, waktu, dan sasaran. 
  • Harus tepat sasaran. Pengiriman langsung ke kota dan kabupaten, tidak melalui provinsi. Begitu sampai, surat akan dilipat dan disortir.
  • Jumlah surat suara yang dikirim harus sesuai dengan daftar pemilih, plus dua persen.
Dari pantauan KPU dari awal proses sampai akhir dapat disimpulkan semua berjalan baik. Sejauh ini perkembangannya sudah berjalan 58,5 persen dan akan diselesaikan pada 20 Juni 2014.

Hari ini KPU juga memantau proses pencetakan surat suara di beberapa perusahaan percetakan. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik hari ini memantau langsung proses pencetakan surat suara di percetakan PT. Temprint, Palmerah Jakarta Barat.

Husni memantau secara langsung proses pembuatan, melipat hingga pengemasan surat suara. yang berlangsung di PT Temprint.

Anggota Komisioner KPU Ida Budhiati memantau proses cetak surat suara Pemilu Presiden di PT Pura Barutama Kudus, Jawa Tengah, yang hingga kini sudah mencapai sekitar 90%.

Logistik Pemilu yang dicetak oleh PT Pura Kudusyakni surat suara, daftar pemilih calon presiden dan wakil presiden serta segel, surat suara Pilpres yang dicetak PT Pura, hanya untuk Provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Proses cetak ketiga logistik pemilu tersebut, tidak dilakukan terpisah, melainkan bersamaan, termasuk proses pendistribusiannya juga demikian. Sementara pendistribusiannya, dijadwalkan 15 Juni 2014 dan 20 Juni 2014 merupakan pengiriman terakhir dari PT Pura.

Diharapkan 22 Juni 2014 sudah bisa sampai ke alamat tujuan masing-masing. Distribusinya, diprioritaskan untuk wilayah kepulauan, seperti Nias (Sumatera Utara) dan Sabang (Aceh).

Sementara Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay meninjau  di PT. Gelora Aksara Pratama, Ciracas Jakarta Timur dan PT Kalola Printing Cipayung Jakarta Timur.

Sumber:
Detik.com
Kompas.com
Beritasatu.com