Hasil Quick Count Pilgub Maluku Putaran Kedua

logo/lambang provinsi Maluku
 Lihat pula: "Hasil Quick Count Pilkada Maluku Utara Putaran kedua"

Setelah sebelumnya dilaksanakan Pemilihan gubernur Maluku putaran pertama, 11 Juni lalu, maka Pasangan Abdullah Vanath-Marthin Maspaitella (DAMAI) dan Said Assagaff – Zeth Sahuburua yang berjuluk (SETIA) masuk pada putaran kedua, setelah menyisihkan tiga pasang lainnya. Salah satu daru dua pasangan ini akan menjadi pemenang dalam Pemilukada dengan hasil yang memuaskan.

Pengesakan secara resmi hasil rekapitulasi Pilkada Maluku putaran pertama yang menempatkan pasangan DAMAI di peringkat pertama dengan perolehan suara sebanyak 205.586 (23,56 persen) dilaksanakan pada rapat yang dipimpin Ketua KPU Maluku Idrus Tatuhey didampingi empat anggotanya yaitu Nasir Rahawarin, MG Lailossa, Musa L Toekan dan Noferson Hukunala pada pleno rekapitulasi Selasa 2 Juli 2013.

Hasil Quick Count Pilgub Maluku Putaran II 14/12/13:
Lembaga survei Konsultan Citra Indonesia (KCI) dan Lingkaran Survei Indoesia (LSI) merilis hasil hitung cepat pemilukada Maluku putaran II di Ambon, Sabtu (14/12/2013) malam. Inilah hasilnya:
  • Pasangan nomor urut 3 Abdullah Vanath-Martin Jonas Maspaitela (Damai), memperoleh 48,95 persen. 
  • Pasangan nomor urut 5 Said Assagaf-Zeth Sahuburua (Setia) memperoleh 51.05 persen suara. 
Pasangan memperoleh suara terbanyak di Kabupaten Buru, Buru Selatan, Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara Barat, Kota Ambon dan Kota Tual, sedangkan pasangan Damai menang di empat kabupaten yakni di Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan Kepulauan Aru. 

menirut Supervisior Riset KCI, Rahmat Hidayat, mengatakan bahwa hitung cepat menggunakan metode multi stage random sampling dengan tingkat margin of error sebesar 1 persen. Adapun seluruh TPS yang dijadikan sampel ditentukan secara acak dan secara proforional di 11 kabupaten Kota di Maluku. Sedangkan tingkat partisipasi pemilih dalam putaran kedua hanya mencapai 68,38 persen.