Hasil Quick Count PIlkada Kabupaten Sanggau 2013

logo/lambang Kabupaten Sanggau
Hasil Quick Count Pilkada - Pada tanggal 19 September 2013 di kabupaten Sanggau provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) untuk memilih pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sanggau periode lima tahun ke depan, segenap warga masyarakat yang telah memiliki hak pilih dan telah menerima surat pemberitahuan dari KPPS pada hari ini mendatangi TPS nya masing-masing, Acara pemungutan suara  pilkada tersebut berlangsung dari pagi hari hingga siang waktu setempat. Terdapat lima pasangan calon yang siap bersaing untuk mendapat perhatian masyarakat, mereka harus siap apabila menjadi pemenang ataupun kalah dalam pilbup tersebut. Rekapitulasi perhitungan surat suara dilaksanakan oleh KPPS setelah acara  acara selesai, kemudian hasil penghitungan suara tersebut akan dikirim ke pihak PPS, selanjutnya dari PPS, seluruh data dari seluruh TPS akan dikumpulkan di KPU / KPUD untuk dilakukan rapat pleno. selain KPU ada juga lembaga-lembaga independen yang menghitung dengan cara hitung cepat dengan mengambil contoh dari beberapa TPS yang disebar secara acak, tetapi bagi KPU, hanya hasil Pleno KPU/KPUD lah yang dianggap sah oleh KPU.

Hasil Quick Count PIlkada Kabupaten Sanggau 2013
Hasil perhitungan cepat atau quick count sementara dari Desk Pilkada Pemkab Sanggau

Nomor urut 1. pasangan Nasri Alisan dan Losianus. sementara memperoleh: 9,8 persen Suara.
Nomor urut 2. pasangan Lambok Siahaan dan Gusti Yusri. sementara memperoleh: 16,91 persen Suara.
Nomor urut 3. pasangan Moses Hermanus Munsin dan Supardi. sementara memperoleh: 11,4 persen Suara.
Nomor urut 4. pasangan Paolus Hadi dan Yohanes Ontot. sementara memperoleh: 56,73 persen Suara.
Nomor urut 5. pasangan Abang Isha dan Khironoto. sementara memperoleh: 5,17 persen Suara.

Paolus Hadi yang menjabat sebagai Wakil Bupati Sanggau dengan menggandeng Yohanes Ontot (YO) itu meraup suara terbanyak, berdasarkan data yang dikeluarkan Tim Desk Pilkada Pemkab Sanggau, dari pukul 15.00 hingga pukul 18:24 WIB.

Pasangan PH-YO unggul di seluruh kecamatan, yakni 15 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut, dengan perolehan suara sebanyak 68.527 pemilih atau 56.73 persen. Menurut hitungan cepat itu, pasangan PH-YO menang mutlak, dikejar pasangan nomor urut 2, dr Lambok Siahaan-Gusti Yusri SH dengan perolehan suara 20.421 atau 16.91 persen. Kemudian disusul pasangan nomor urut 3, HM Munsin dan Supardi dengan perolehan suara 13.769 atau 11.40 persen.

Unggulan keempat, diraih pasangan calon nomor urut 1, Nasri Alisan-Losianus dengan perolehan suara 11.836 atau 9.80 persen. Kemudian,  unggulan kelima ditempati pasangan nomor urut lima, Abang Ishar dan Khironoto dengan perolehan suara 6.240 atau 5.17 persen.

Hingga saat ini perhitungan masih terus dilakukan. Kendati demikian, perhitungan secara pasti perolehan suara akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Sanggau.  
(Sumber berita: http://www.rakyatkalbar.com)