Hasil Quick Count Pilkada Lampung Utara - Lampura 2013

logo/lambang Kabupaten Lampung Utara - Lampura
Hasil Quick Count Pilkada - Hari pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Lampung utara - Lampura telah datang, 19 September 2013 adalah hari yang ditunggu-tunggu masyarakan Lampura untuk mengikuti Pilkada yang dilaksanakan lima tahun sekali, dalam perhelatan tersebut akan dipilih calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Lampura periode lima tahun ke depan, terdapat empat pasangan calon yang bersaing dalam gelaran pilkada ini. Pencoblosan dimulai pada pagi hari sampai tengah hari waktu setempat, setelah sampai pada waktu yang ditentukan maka KPPS melakukan penghitungan rapat rekapitulasi suara di TPSnya masing-masing untuk menghitung surat suara. Hasil perhitungan suara tersebut selanjutnya akan dikirim ke tingkat PPS, selanjutnya seluruh hasil dari TPS akan dihimpun di tingkat KPU/KPUD untuk dilakukan rapat pleno. Terdapat juga lembaga independen lain di luar KPU yang melakukan perhitungan dengan cara HItung cepat/Quick Count, tetapi Hasil KPUlah yang dianggap sah oleh KPU.

Hasil Quick Count PIlkada Lampung Utara - Lampura 2013
Berdasarkan hasil hitung cepat Pilkada Lampung Utara yang dilaksanakan Rakata, Kamis (19/9/2013), menunjukkan pasangan nomor urut 1 Agung Ilmu Mangkunegara-Paryadi (Abdi) menang tipis dari pasangan nomor 4 Zainal Abidin-Anshori Djausal (ZA).

Pasangan Abdi memeroleh 46,00 persen suara, sementara pasangan ZA 39,63 persen.

"Kesimpulan pilkada Lampung Utara berlangsung satu putaran dan dimenangkan pasangan Abdi dengan perolehan suara 46,00 persen," kata Direktur Eksekutif Rakata Eko Kuswanto, Kamis (19/9/2013).


1. Agung Ilmu Mangkunegara dan Paryadi, memperoleh: 46,00 persen suara
2. M. Yusrizal dan Kapten Purn. Yoyot Sukarno, memperoleh: ... persen suara
3. Kesuma Dewangsa dan Supeno, memperoleh: ... persen suara
4. Zainal Abidin dan Ansyori Djausal, memperoleh: 39,63 persen suara



Inilah pasangan calon beserta partai pendukungnya:
  • Pasangan nomor urut 1 ( Agung-Paryadi ) diusung PKS, Hanura, PKB, PPP, dan PKPI. 
  • Pasangan nomor urut 2 (Yusrizal - Yoyot) diusung Partai Demokrat tanpa koalisi.
  • Pasangan nomor urut 3 (Kesuma Dewangsa - Supeno) diusung PPPI berkoalisi dengan gabungan 20 partai partai non parlemen, 
  • Pasangan nomor urut 4 (Zainal Abidin - Ansory Djausal) pasangan petahana yang diusung oleh PDIP, Gerindra, PAN, PBR, PKPB, dan PBB.
Bertempat di aula Pemda setempat, Selasa (23-4) Pemkab Lampung Utara serahkan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) pada komisi pemilihan umum daerah (KPUD). Penyerahan tersebut, dilakukan Wakil Bupati Lampung Utara, Rohimat Aslan pada ketua KPUD Lampura, Marthon. Dalam sambutanya, Rohimad mengatakan, DP4 yang diserahkan untuk menetapakan daftar pemilih tetap (DPT), sebagai dasar pembuatan kartu pemilih.

Di Lampung Utara, DP4 ada 580.290 jiwa dengan rincian, pemilih laki-laki sebanyak 285.379 jiwa dan wanita 294.911 jiwa. Dia berharap, petugas pemilu dapat melaksanakan amanah yang diemban sebaik-baiknya. Bagi masyrakat yang memenuhi persyaratan hak pilih dapat bersikap pro aktif, dengan memastikan namanya terdaptar sebagi pemilih.

Rohimat Aslan menjelaskan, pemkab hanya sebagai regulator dan fasilitator saat proses pemilukada dengan harapan pesta demokrasi itu berjalan sukses lancar dan tertib, sesuai dengan harapan yang tertuang dalam aturan dan UU yang berlaku. Untuk KPUD laksanakan pemilukada secara optimal, baik dari sisi teknis penyelenggaraan, mulai tahapan persiapan, pelaksanaan, khususnya proses pemungutan, hingga perhitungan dan rekapitulasi suara sampai ditetapkannya calon terpilih. "Pemilukada memiliki arti penting untuk kemandirian dan kemajuan Lampung Utara mendatang,” terangnya.

Tentang Kabupaten Lampung Utara

Kabupaten Lampung Utara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung, Indonesia. Kabupaten ini dulunya adalah kabupaten terluas/terbesar di Provinsi Lampung yang sekarang meliputi Kabupaten Lampung Utara sendiri, Kabupaten Way Kanan, (Kabupaten Lampung Baratyang melahirkan Kabupaten Pesisir Barat), dan Kabupaten Tulang Bawang (yang melahirkan Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Mesuji).

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2006 tanggal 15 Agustus 2006 telah dimekarkan kembali 7 kecamatan yang baru, yaitu sebagai berikut: kecamatan Sungkai Jaya ibukota Cempaka, kecamatan Abung Pekurun ibukota Pekurun, kecamatan Abung Kunang  ibukota Aji Kagungan, kecamatan Blambangan Pagar ibukota Blambangan, Kecamatan Hulu Sungkai ibukota Gedung Maripat, Kecamatan Sungkai Tengah ibukota Batu Nangkop, Kecamatan Sungkai Barat ibukota Sinar Harapan.

Letak geografis kabupaten lampung : 104' 40 sampai 105'08 bujur timur dan 4'34 sampai 5'06 lintang selatan dengan batas - batas wilayah sebagai berikut: Sebelah utara dengan Kabupaten Way Kanan, Sebelah selatan dengan Kabupaten Lampung Tengah, Sebelah timur dengan Kabupaten Tulang Bawang, Sebelah barat dengan Kabupaten Lampung Barat.