Hasil Quick Count Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2018: Ganjar ... persen, Sudirman ...persen

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jateng 2018
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jateng 2018
Pilgub Jawa tengah yang digelar hari ini Rabu, 27 Juni 2018, diikuti dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur. Ini adalah ajang pemilihan kepala daerah yang serentak digelar di seluruh Indonesia, dan Jateng salah satunya.

Pilkada serentak tahun ini yang jatuh pada Hari ini Rabu, 27 Juni 2018, dilakukan serentak di seluruh daerah di Indonesia. Provinsi Jawa tengah (Jateng) adalah salah satu daerah yang mengikuti.

Pemilukada di Provinsi Jawa tengah (Jateng) memilih pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Propinsi Jawa tengah (Jateng) masa bakti 2018-2023.

Pencoblosan surat suara dimulai pagi hari waktu setempat. Para pemilih memberikan suaranya di masing-masing TPS. Setelah acara Pemilihan selesai, KPPS melakukan penghitungan surat suara di masing-masing TPS. Kemudian hasil perhitungan tersebut dikumpulkan di tingkat PPS (Kecamatan) untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil akhir penghitungan suara oleh KPU setempat yang dihadiri saksi masing-masing pasangan calon, pemantau dan anggota masyarakat.

Meski hasil penghitungan suara KPU yang dianggap sah oleh KPU, Namun ada pula pihak lain yang secara independen melakukan penghitungan cepat atau biasa disebut Quick Count, Real Count. Sementara, hasil penghitungan suara oleh KPU merupakan penghitungan resmi atau manual oleh KPU menentukan siapa yang menjadi pemenang unggul dengan suara terbanyak pada Pilkada Jawa tengah (Jateng) Tahun 2018 ini.

Berikut ini Hasil Quick Count Pilgub Jawa tengah (Jateng) 2018 terbaru berdasarkan persentase dan jumlah suara:

Quick count Pilgub Jawa Tengah versi Saiful Mujani Research and Consulting ( SMRC). Data masuk 100 persen:
  1. Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen: 58,58 persen 
  2. Sudirman Said-Ida Fauziyah: 41,42 persen
Populasi dalam sejumlah quick count tersebut adalah seluruh pemilih sah yang datang ke 300 hingga 400 tempat pemungutan suara (TPS) di daerah pemilihan. Sampel dipilih menggunakan metode stratified cluster random sampling dengan margin of error plus minus 1 persen dan tingkat kepercayaan 99 persen. Angka dalam quick count ini bukan hasil penghitungan resmi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan melakukan rekapitulasi pemungutan suara hingga 9 Juli 2018 mendatang sehingga hasil penghitungan resminya baru diumumkan setelah proses rekapitulasi selesai.