Hasil Quick Count (Hitung Cepat) Pilkada (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2018

Pasangan calon gubernur - wakil gubernur Jawa timur (Jatim) 2018
Pasangan calon gubernur - wakil gubernur Jawa timur (Jatim) 2018
Bertepatan dengan hari ini Rabu, 27 Juni 2018 Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar pemilihan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk masa bakti 2018-2023. Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) yang di gelar di propinsi ini adalah bagian dari Pilkada serentak yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Para pemilih melakukan pencoblosan surat suara dimulai pagi hari waktu setempat. Para pemilih memberikan suaranya di masing-masing TPS. Setelah acara Pemilihan selesai, KPPS melakukan penghitungan surat suara di masing-masing TPS. Kemudian hasil perhitungan tersebut dikumpulkan di tingkat PPS (Kecamatan) untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU setempat yang dihadiri saksi masing-masing pasangan calon, pemantau dan anggota masyarakat.

Hasil penghitungan secara manual yang dilakukan KPUlah yang dianggap sah oleh KPU. Namun ada pula pihak lain yang secara independen melakukan penghitungan cepat atau biasa disebut Quick Count, Real Count. Sementara, hasil penghitungan suara oleh KPU merupakan penghitungan resmi atau manual oleh KPU menentukan siapa yang menjadi pemenang, unggul dengan suara terbanyak pada Pilkada Jawa Timur (Jatim) Tahun 2018 ini.

Berikut ini Hasil perolehan suara akhir Quick Count Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2018 terbaru berdasarkan persentase dan jumlah suara:

Quick count Pilgub Jawa Timur versi Saiful Mujani Research and Consulting ( SMRC). Data masuk 99,75 persen hingga pukul 23.30 WIB:
  1. Khofifah Indar Parawansa-Emil E Dardak: 52,28 persen 
  2. Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno: 47,72 persen