Hasil Quick Count (Hitung Cepat) Pilkada Kota Bandung 2018: nurul...%

Tiga Pasang Calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung 2018
Masyarakat Kota Bandung sedang merasa gembira karena pada hari ini Rabu, 27 Juni 2018 sedang menggelar pemilihan pasangan calon Walikota dan wakil Walikota baru. Hari ini juga bertepatan dengan digelarnya pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di seluruh Indonesia atau yang populer disebut Pilkada Serentak 2018.

Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) / Pilwako Bandung ini dalam rangka memilih pasangan calon walikota dan wakil walikota Bandung masa bakti 2018-2023.

Pemungutan Suara digelar mulai pagi hari waktu setempat, para pemilih akan melakukan pencoblosan surat suara untuk memberikan suaranya di masing-masing TPS. Setelah seluruh pemilih selesai mencoblos, KPPS melakukan penghitungan surat suara di masing-masing TPS. Kemudian hasil perhitungan tersebut dikumpulkan di tingkat PPS (Kecamatan) untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil Penghitungan suara akhir oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang dihadiri saksi masing-masing pasangan calon, pemantau dan anggota masyarakat.

Hasil penghitungan yang dianggap sah atau resmi adalah penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU, Namun ada pula pihak lain yang secara independen melakukan penghitungan cepat atau biasa disebut Quick Count (Hitung Cepat), Real Count seperti lembaga survey atau pasangan calon sendiri. Sementara, hasil penghitungan suara oleh KPU merupakan penghitungan resmi atau manual oleh KPU menentukan siapa yang menjadi pemenang unggul dengan suara terbanyak pada Pilkada Kota Bandung Tahun 2018 ini.


Perolehan suara akhir Hasil Quick Count Pilwalkot Kota Bandung 2018 terbaru berdasarkan persentase dan jumlah suara:

Hasil hitung cepat Versi Polsight Hingga pukul 20.00 WIB:
  • Paslon Oded-Yana unggul mencapai 51,4 persen.
  • Calon nomor urut satu Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat hanya meraih 22,4 persen
  • Nomor urut dua Yossi Irianto-Aries Supriatna 26,2 persen.

Hasil rekapitulasi KPU berasal dari 125.397 suara sah atau 9,16 persen dari total keseluruhan:
  • Pasangan Oded-Yana 50,15 persen
  • Nurul-Chairul 25,07 persen
  • Yossi-Aries 24,79 persen.