Deklarasi Capres dan Cawapres Jokowi-JK

Jokowi-Jusuf Kalla
Hari ini, Senin, 19 Mei 2014, Joko widodo resmi mengumumkan Jusuf Kalla sebagai calon wakilnya dalam pilpres 2014 pada Juli mendatang. Deklarasi  tersebut digelar di Museum Gedung Joang 45 di Cikini, Jakarta Pusat.

Ratusan pendukung Jokowi dari ormas Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 (BARA JP) dan Komite Rakyat Nasional yang telah berkumpul di tempat sejak pukul 09.00 WIB terus meneriakkan yel-yel dukungannya kepada Jokowi.

Setelah pendeklarasian, pasangan yang diusung PDIP, Partai Nasdem, PKB dan Partai Hanura ini mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol untuk secara resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan capres dan cawapres dalam Pilpres 2014.

Pasangan Jokowi-JK tiba di ruang pendaftaran yang berada di lantai 2 Gedung KPU pukul 14.15 WIB dengan berkemeja putih dan celana panjang hitam.

Kehadiran Jokowi dan Jusuf Kalla sempat membuat kericuhan di ruang pendaftaran karena jumlah anggota rombongan yang dibawa melebihi ketentuan KPU Pusat yaitu paling banyak 20 orang.

KPU sendiri membuka masa pendaftaran bakal capres dan cawapres selama tiga hari sejak Minggu (18/5) hingga Selasa (20/5), mulai pukul 08.00--16.00 WIB.

Sementara itu pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa yang telah mendeklarasikan capres dan cawapres akan mendaftarkan diri ke KPU Pusat pada Selasa siang pukul 13.00 WIB.

Usai mendaftarkan diri ke KPU, Jokowi dan Jusuf Kalla wajib menjalani rangkaian tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Selasa, yang direncanakan berlangsung selama delapan jam mulai 07.00 WIB.