Pilkada Serentak Lima Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara

logo Provinsi Sumatera Utara
Pada bulan September ini 2013 terdapat  lima kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang akan menggelar pemilihan kepala daerah yang dilakukan secara serentak.

kelima kabupaten yang akan mengikuti pilkada pada September itu adalah Langkat, Dairi, Deli Serdang, Tapanuli Utara, dan Padang Lawas. Hal tersebut dilakukan karena masa jabatan bupati di lima daerah itu akan berakhir pada awal 2014.

Sementara itu untuk dua kabupaten lain yakni Batubara dan Padang Lawas Utara yang masuk dalam rencana pilkada serentak akan dilaksanakan lebih cepat,  karena masa jabatan kepala daerah di dua kabupaten tersebut akan berakhir pada akhir 2013 . Hal tersebut harus dilakukan untuk menjaga berbagai kemungkinan.

KPU masih menunggu payung hukum berupa peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) yang mengatur percepatan dan rencana pelaksanaan pilkada di tujuh kabupaten di Sumut itu.

Untuk memperlancar gelaran pilkada serentak di Provinsi Sumatera Utara, anggota KPU di tujuh kabupaten tersebut telah memiliki kesiapan untuk menyelenggarakan pilkada serentak dengan menyusun berbagai tahapan yang dibutuhkan.

Termasuk masalah anggaran untuk pelaksanaan pilkada tersebut juga telah dibahas dan dialokasikan melalui APBD di kabupaten masing-masing.