Home » » Hasil Penghitungan Suara Pilkada Dairi 2013

Hasil Penghitungan Suara Pilkada Dairi 2013

Written By muhamad nurdin fathurrohman on Wednesday, October 9, 2013 | 6:00 AM

logo/lambang Kabupaten Dairi
 Jangan lewatkan:

Hasil Quick Count Pilkada - hari pemungutan suara kabupaten Dairi Provinsi sumatera utara yang dilaksanakan pada 10 Oktober 2013 akan memilih pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dairi, terdapat empat pasangan calon yang akan bersaing dalam pilkada tersebut. Pemilukada ini berlangsung dari pagi hari hingga siang waktu setempat, penghitungan suara dimulai pada tingkat TPS setelah acara selesai pada siang hari, KPPS akan melakukan rapat perhitungan suara untuk menghitung seluruh surat suara, hasil tersebut selanjutnya akan dikirim ke PPS dan dikumpulkan di KPUD untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara. berikut hasil yang diperoleh masing-masing pasangan calon:

Hasil Penghitungan Suara Pilkada Dairi 2013:

Hasil ini diperoleh dalam rapat pleno KPUD Dairi dipimpin Veryanto Sitohang berlangsung di Balai Budaya Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2013).

Pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Dairi 2014-2019 KRA Johnny Sitohang Adinegoro-Irwansyah Pasi menangi pilkada dalam satu putaran. Suara terbanyak kedua diraih Luhut Matondang-Maradu Gading Lingga, diikuti Parlemen Sinaga-Reinfil Capah dan Passiona Sihombing-Insanuddin Lingga.

Berikut perolehan suara keseluruhan pasangan calon:
1. Johny Sitohang dan Irwansyah Pasi. meraih 53.729 suara atau 36,24 persen.
2. Pasiona Sihombing dan Insanuddin Lingga. memperoleh 5.623 atau 3,79 persen.
3. Parlemen Sinaga dan Renfil Capa. meraih 41. 529 atau 28,01 persen
4. Luhut Matondang dan M Lingga. memperoleh 47.345 suara atau 31,94 persen

Kandidat usungan Partai Golkar Itu (Johnny-Irwansyah) unggul di 10 kecamatan, beberapa di antaranya Siempat Nempu Hulu, Tigalingga, Parbuluan dan Berampu. Luhut –Maradu menang di empat kecamatan yakni Tanah Pinem, Silima Pungga-pungga, Silahisabungan dan Sumbul.

Di lain pihak Parlemen-Reinfil memetik angka tertinggi di Sidikalang. Sedangkan Passiona-Insanuddin tidak unggul di satu wilayah pun. Suara usungan PDI Perjuangan itu anjlok di semua daerah pemilihan.

Dari rekapitulasi suara akhir, diketahui suara yang masuk sebanyak 149.360 suara yang terdiri 148.226 suara sah dan 1.139 suara tidak sah. Persentase partisipasi masyarakat mencapai 73,25 persen dari DPT sebanyak 203.910 jiwa.

Rapat pleno dengan agenda penetapan pasangan terpilih itu dihadiri seluruh saksi pasangan calon terpilih. Namun, saksi pasangan nomor urut 2, nomor urut 3, dan nomor urut 4 tidak bersedia menandatangani berita acara penetapan tersebut dengan alasan dianggap sarat masalah serta tidak mencerminkan demokrasi.