KPU Tetapkan Nomor Urut Cawali Kota Madiun

logo/lambang Kota Madiun
Nomor urut bagi enam pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan ikut dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat yang digelar Agustus mendatang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Jawa Timur, pada hari Senin.



Dari hasil rapat pleno terbuka dengan agenda pengundian dan penetapan nomor urut diketahui bahwa:

  1. Nomor urut 1 pasangan jalur perseorangan Achmad Zainudin-Kushendrawan (Awan 19), 
  2. Nomor urut 2 pasangan perseorangan lainnya Muchid-Karni (Murni).
  3. Nomor urut 3 pasangan Parji-Inda Raya (Pari) yang diusung PDI Perjuangan dan belasan partai kecil,
  4. Nomor urut 4 pasangan Arief Purwanto-Hari Suci (AH) yang diusung oleh Golkar dan PKS, 
  5. Nomor urut 5 pasangan Sutopo-Tri Nuryani (Topcare) yang diusung Partai Hanura, PDS, dan PDP,
  6. Nomor urut 6 pasangan petahana Bambang Irianto-Sugeng Rismianto (Baris Jilid II) yang diusung oleh Partai Demokrat, PKB, dan PAN.

"Hasil penetapan nomor urut tersebut nantinya akan digunakan untuk pencetakan surat suara yang akan digunakan pada Pilkada Kota Madiun." Kata Ketua KPU Kota Madiun Sasongkol.

Selanjutnya Sasongko mengatakan. "Setelah penetapan nomor urut ini, masing-masing pasangan mulai memasuki tahapan kampanye terbuka dan tertutup. Jadwalnya nanti akan diumumkan,"

Di lain pihak pasangan Achmad Zainudin-Kushendrawan (Awan 19), mengaku optimistis bisa memperoleh 60 persen suara. Sehingga pihaknya hanya melewati pilkada satu putaran.

Calon wali kota Achmad Zainudin yang juga merupakan adik kandung Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan.
 "Kami yakin dengan nomor 1 ini, bisa menjadi nomor satu dan targetnya adalah menang satu kali putaran."

Perkataan yang sama diungkapkan pula oleh pasangan petahana Bambang Irianto-Sugeng Rismianto (Baris Jilid II). Pasangan ini juga optimistis memenangkan pilkada dan kembali memimpin Kota Madiun lima tahun ke depan.

Calon wali kota Bambang Irianto mengatakan."Target kami menang lagi dalam pilkada tahun ini. Kami yakin dapat menang sebab kami telah memberikan bukti kepada masyaralat Kota Madiun," -Hasil Quick Count Pilkada-

Selain dilakukan penetapan nomor urut, dalam rapat pleno tersebut juga diumumkan hasil perhitungan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dan sebagai hasilnya, diketahui pasangan petahana Bambang Irianto-Sugeng Rismianto memiliki kekayaan yang paling tinggi dibandingkan lima pasangan lainnya. Yakni, Bambang Irianto sebesar Rp121,24 miliar lebih dan Sugeng Rismiyanto sebesar Rp2 miliar lebih. - Hasil Quick Count Pilkada -
Lihat juga Hasil PIlkada Kota Madiun pada: "Hasil Quick Count Cawali Kota Madiun"