Hasil Quick Count Pilgub Jawa Timur - Jatim 2013

Hasil Quick Count Pilkada Jawa TImur (Jatim) - Hari pemilihan cagub dan cawagub Jawa timur telah tiba, pada tanggal 29 Agustus 2013 segenap masyarakat Jawa timur berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara di TPS nya masing-masing, pada hari tersebut ketiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur jawa timur akan bertarung untuk dapat meraih suara sebanyak-banyaknya dari masyarakat.





Hasil quick count Pemilukada Jatim - Jawa Timur 2013

Lingkaran Survei Indonesia (LSI)
1 Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa): 47,97 persen
2. Egi Sujana-M Sihat: 2,37 persen
3. Bambang DH-Said Abdullah (BDH-Said) : 11,92 persen
4. Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawireja (Berkah) : 37,74 persen

Total jumlah suara: 98 persen

Indonesia Research Center (IRC)
1 Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) : 47,36 persen
2. Egi Sujana-M Sihat: 2,44 persen
3. Bambang DH-Said Abdullah (BDH-Said): 12,92 persen
4. Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawireja (Berkah): 37,28 persen

Total jumlah suara: 100 persen

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC)
1. Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa): 46,60 persen
2. Egi Sujana-M Sihat: 2,37 persen
3. Bambang DH-Said Abdullah (BDH-Said): 13,40 persen
4. Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawireja (Berkah): 37,63 persen

Total jumlah suara: 75 persen

Quick Count dilaksanakan sejak pukul 13.00 WIB yang dilakukan acak dari 71.036 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di seluruh wilayah Jawa Timur, oleh Tiga lembaga survei yakni, Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Indonesia Research Center (IRC), dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).


Berikut keterangan tentang masing-masing calon beserta parpol pendukungnya:

Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) didukung 32 parpol. Antara lain sepuluh parpol yang memiliki kursi di DPRD Jawa Timur yakni, Partai Demokrat (24 kursi), Golkar (11 kursi), PKS (7 kursi), PAN (7 kursi), Gerindra (8 kursi), PPP (4 kursi). Kemudian, dari Partai Hanura (4 kursi), PKNU (5 kurs)i, Partai Damai Sejahtera (1 kursi), Partai Bintang Reformasi (1 kursi). Total perolehan suaranya yang didapat telah dinyatakan memenuhi syarat minimal yaitu 15 persen. Berdasarkan perhitungan, pasangan tersebut mendapatkan sekitar 70 persen suara.

Pasangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat (pasangan dari jalur independen atau nor palpol)

Pasangan Bambang DH-Said Abdullah alias (Jempol) didukung satu parpol saja PDI Perjuangan. Kedua figur ini pun merupakan politisi PDIP. Bambang DH merupakan mantan Wali Kota Surabaya, dan saat ini menjabat Wakil Wali Kota Surabaya. Ada pun Said, pria asal Sumenep, Madura, yang masih duduk sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Suryadi Sumawireja yang diusung oleh PKB, partai resmi yang dibuat oleh NU sebagai pemimpin koalisi, merupakan kebanggaan tersendiri dalam sejarah politik NU, dan memenangkan pasangan tersebut, sungguh merupakan kebanggaan dalam menegakkan kewibawaan (murwah) politik NU.

Pada Pilgub Jatim 2013, selain Partai Demokrat, PDIP pun memiliki kuota bisa mengusung calon tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Di DPRD Jatim, PDIP memiliki 17 Kursi atau setara dengan 17 persen suara sah di Pemilu 2009 lalu. Sementara persyaratan untuk mengusung sebanyak 15 persen kursi di parlemen atau setara dengan 15 persen suara sah. -Hasil Quick Count Pilkada-