Hasil Penghitungan Suara Pilkada Sidrap 2013

logo/lambang kabupaten Sidrap
Hasil Quick Count Pilkada - Pemilukada yang digelar di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan pada 29 Agustus 2013 adalah pilbup untuk memilih calon Bupati dan calon Wakil bupati Sidrap, terdapat tujuh pasangan calon yang bersaing untuk merebut hati rakyatnya, hari pemungutan suara dilaksanakan mulai pagi hari waktu setempat dan selesai pada siang hari, setelah itu barulah dilakukan rapat rekapitulasi penghitungan suara oleh KPPS di masing-masing TPSnya, selanjutnya hasil penghitungan suara tersebut akan dikirim ke tingkat PPS dan hasil perhitungan dari seluruh PPS akan ditampung di KPUD untuk dilakukan rapat pleno penghitungan suara. Berikut hasil perolehan suara dari masing-masing pasangan calon:

Hasil Quick Count Pemilukada Sidrap 2013

1. Muh. Saleh S Ali dan Andi Sukri Baharman. 6,5 persen
2. Rafiddin Hamoes dan Bahari Parawansa. 5,78 persen
3. Andi Faisal Ranggong dan Sunarto Ngatek. 9,11 persen
4. Andi Walahuddin Habib dan Yuriadi Abadi. 11,61 persen
5. Husni Zainal dan Doddin T. 5,13 persen
6. Rusdi Masse dan Dollah Mando.  57,93 Persen
7. Insan Parenrengi Tanri dan Kemal Baso Cammi. 3,94 persen

Quick Count Versi Celebes Research Centre (CRC)Research Centre (CRC) Kamis, (29/8/2013) DENGAN Tingkat Partisipasi:78,8 persen.


Sekilas tentang Kabupaten Sidenreng Rappang
Salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, adalah Kabupaten Sidenreng Rappang atau disingkat dengan nama Sidrap. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sidenreng dengan luas wilayah 2.506,19 km2 dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 264.955 jiwa. Penduduk asli daerah ini adalah suku Bugis yang ta'at beribadah dan memegang teguh tradisi saling menghormati dan tolong-menolong. Dimana-mana dapat dengan mudah ditemui bangunan masjid yang besar dan permanen.

Kabupaten Sidenreng Rappang berjarak ± 200 km dari Makassar dan terletak di persimpangan antara jalur ke Palopo dan Toraja. Untuk menuju daerah ini bisa menggunakan bus jurusan Palopo atau Toraja, mobil penumpang umum (Toyota Kijang, Suzuki APV, Izusu Panther) dan minibus.

Keadaan Topografi wilayah di daerah ini sangat bervariasi berupa wilayah dataran seluas 879.85 km² (46.72%), bergunung seluas 712.81 km2 (37.85%), dan berbukit seluas 290.17 km² (15.43%). Kabupaten Sidenreng Rappang terletak pada ketinggian antara 10 m – 1500 m dari permukaan laut.

Di Sulawesi Selatan, Kabupaten Sidenreng Rappang merupakan salah satu sentra penghasil beras. hal itu disebabkan  oleh dukungan jaringan irigasi teknis yang mampu mengairi sawah sepanjang tahun. Beberapa jaringan irigasi yang ada di Sidenreng Rappang antara lain: Jaringan Irigasi Bulu Cenrana, mengairi 6000 hektar sawah; Jaringan Irigasi Bila, mengairi 5400 hektar sawah; Jaringan Irigasi Bulu Timoreng, mengairi 5400 hektar sawah.

Penghasilan utama selain beras, daerah ini  juga adalah merupakan penghasil utama telur ayam dan telur itik di luar Pulau Jawa. Komoditas pertanian lainnya adalah kakao, kopra, mete dan kemiri serta hasil hutan berupa kayu dan rotan .

Tempat wisata yang dimiliki Sidrap antara lain:
  • Cekdam - salah satu tempat rekreasi yang baik untuk keluarga karena memiliki tempat memancing ikan, kafe-kafe, tempat untuk memberi makan ikan di kelurahan batu kec.pituriase.
  • Danau Sidenreng
  • Taman wisata Puncak Bila Riase
  • Taman Wisata Puncak - Bila Riase. Taman wisata air dengan wahana sepeda air, kanoe boat, aqua bikes, flying fox, Motor ATV, pemancingan, waterboo, dan lain-lain.
  • Mojong.
  • Air terjun yang terletak ditengah hutan baik untuk para pecinta alam