Hasil Quick Count (Hitung Cepat) Pilwalkot Probolinggo 2018

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Hari ini, 27 Juni 2018 rabu, masyarakat Kota Probolinggo menggelar pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) dalam rangka memilih pasangan calon walikota dan wakil walikota (Pilwako) Probolinggo masa bakti 2018-2023.

Pilkada yang digelar di Kota Probolingo bertepatan dengan digelarnya pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di seluruh Indonesia atau yang populer disebut Pilkada Serentak 2018.

Pagi hari waktu setempat, pemungutan suara digelar, para pemilih memberikan suaranya dengan melakukan pencoblosan surat suara di masing-masing TPS. Setelah seluruh pemilih selesai mencoblos, KPPS melakukan penghitungan surat suara di masing-masing TPS. Kemudian hasil perhitungan tersebut dikumpulkan di tingkat PPS (Kecamatan) untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil Penghitungan suara akhir oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang dihadiri saksi masing-masing pasangan calon, pemantau dan anggota masyarakat.

Hasil penghitungan yang manual yang dilakukan oleh KPU dianggap sah atau resmi, namun ada pula pihak lain yang secara independen (lembaga survey) melakukan penghitungan cepat atau biasa disebut Quick Count (Hitung Cepat), Real Count. Sementara, hasil penghitungan suara oleh KPU merupakan penghitungan resmi atau manual oleh KPU menentukan siapa yang menjadi pemenang unggul dengan suara terbanyak pada Pilkada Kota Probolinggo Tahun 2018 ini.


Berikut ini perolehan suara akhir Hasil Quick Count Pilwalkot Kota Probolinggo 2018 terbaru berdasarkan persentase dan jumlah suara:


Hasil hitung cepat (quick count) Pemilihan Wali Kota Probolinggo berdasarkan hasil perolehan suara di 173 TPS, dari total 379 TPS se-Kota Probolinggo.
  1. Pasangan Handal Brilliant meraup suara sebanyak 26.287 atau sebanyak 50 persen. 
  2. pasangan Sang Tretan (Fernanda Zulkarnaen-Zulfikar Imawan) sebanyak 19.346 atau sebanyak 35 persen.
  3. pasangan Syamsu Alam-Kulup Widyono berhasil mendulang suara sebanyak 12 persen atau sebanyak 6.549 suara.
  4. Suwito-Ferry Rahyuwono sebanyak tiga persen atau 1.439 suara.