Hasil Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis 2018

Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis 2018
Senin (13/02/2018) bertempat di Gedung Da’wah Islamic Center Jln.Mr. Iwa Kusumasumantri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menggelar pengundian nomor urut.

Hasilnya adalah H.Herdiat Sunarya - Yana Diana Putra mendapat nomor urut 1 dan H.Iing Syam Arifin –  H.Oih Burhanudin mendapat nomor urut 2.

Untuk diketahui, calon Bupati Ciamis, petahana Iing Syam Arifin (Golkar) dan Wakil Bupati Ciamis Oih Burhanudin (PDIP) yang juga Wakil Bupati Ciamis diusung oleh koalisi antara PDIP, Partai Golkar, Hanura, PPP, dan PKB.

Sementara lawannya, calon Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Yana D Putra diusung koalisi enam partai yakni PKS, Gerindra, Partai Demokrat, PAN, Nasdem, dan PBB.

Bagi warga Tatar Galuh, keberadaan Iing Syam Arifin sudah tidak asing lagi karena yang bersangkutan masih menjabat sebagai Bupati Ciamis. Demikian pula Oih Bur­ha­nudin masih menjadi Wakil Bupati Ciamis. Keduanya sepakat untuk melanjutkan kepemimpinan hingga lima tahun ke depan.

Oih Burhanudin sendiri menjadi Wakil Bupati Ciamis karena menggantikan posisi Jeje Wiradinata (Wakil Bupati Ciamis ketika Pilkada 2013). Jeje Wiradinata selanjutnya menjadi Bupati Kabupaten Pangandaran setelah menjadi daerah oto­nom baru, selepas dari induknya Ka­bupaten Ciamis.

Di lain pihak, posisi Herdiat Sunarya juga bukan wajah baru di Tatar Galuh Ciamis karena sebelumnya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis yang saat ini bertugas di Bappeda Ciamis. Bagi kalangan penggila sepak bola, Herdiat Sunarya juga merupakan figur yang mendapat tempat tersendiri karena keberhasilannya membawa harum nama Ciamis sebagai Manajer PSGC (Persatuan Sepak Bola Galuh Ciamis).

Di kalangan ASN, Herdiat juga tidak asing lagi karena sebelumnya juga pernah menduduki beberapa posisi penting di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis.