Dua Pasangan Calon Gubernur Jambi Resmi Daftar Ke KPU

Zumi Zola
Zumi Zola
Sampai saat ini KPU Provinsi Jambi telah terima dua pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur (balongub dan balonwagub) Jambi.

Kedua pasangan tersebut adalah Hasan Basri Agus (calon patahana Gubernur Jambi) dan Edi Purwanto (Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDI-Perjuangan Provinsi Jambi), dan pasangan Zumi Zola (Bupati Tanjungjabung Timur) dan Fachrori Umar (calon patahana Wakil Gubernur Jambi).

Pasangan Zumi Zola dan Fachrori yang diarak menggunakan atraksi Reog ponorogo mendaftar ke KPU Jambi pada Senin pagi. Sedangkan, pasangan Hasan Basri dan Edi Purwanto mendaftar keesokan harinya menggunakan sado.

Pasangan Hasan Basri dan Edi didukung 4 parpol, yakni Partai Demokrat, PDIP, Gerindra, dan PKS, yang total memiliki 25 kursi atau 45,45 persen dari jumlah kursi DPRD Provinsi Jambi.

Sementara, pasangan Zumi Zola dan Fachrori Umar juga mendapat dukungan dari 4 parpol, yakni PAN, PKB, Nasdem, Hanura dan PBB, yang memiliki 18 kursi atau 21 persen dari jumlah kursi di DPRD Provinsi Jambi.

Dari berkas pendaftaran yang diserahkan ke KPU Provinsi Jambi, kedua pasangan dinilai memenuhi syarat untuk maju menjadi cagub dan cawagub Jambi periode 2015 – 2020.

Seperti pada peraturan KPU, bahwa bakal calon kepala daerah yang berhak mengikuti pilkada serentak harus mendapat dukungan beberapa partai politik yang memiliki sedikitnya 20 kursi di DPRD.

Saat mendaftar, kedua pasangan balongub dan balonwagub Jambi mengerahkan ribuan pendukung ke KPU Provinsi Jambi, namun proses pendaftaran berlangsung aman dan tertib. Sumber: Suara Pembaruan