Juni 2015, 11 Daerah di Sulsel akan Gelar Pilkada

logo / lambang Sulawesi Selatan - Sulsel
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sulawesi selatan (Sulsel) yang akan digelar serentak di 11 kabupaten di Sulsel akan dilaksanakan pada Juni 2015 mendatang, demikian rencana  KPU Sulsel.

Walaupun belum ada penetapan resmi, sebagian besar KPU Sulsel yang terdiri dari 11 kabupaten menginginkan pilkada digelar Juni atau sebelum bulan puasa. Itu bisa terjadi jika KPU RI tidak jadi melaksan akan pilkada serentak nasional pada Oktober 2015.

Dilansir dari tribunnews.com, Komisioner KPU Sulsel Divisi Teknis Misna Attas di sela Rakor KPU Sulsel di Hotel Grand Asia, Makassar, pada Selasa (9/9/2014) mengatakan, Saat ini pihaknya susun persiapan Juni untuk penyelenggaraan hari H. Tanggalnya belum dibicarakan. Pihaknya tetap pada posisi itu, kalau tidak ada intervensi KPU RI.

Seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pilkada masih dalam tahap perencanaan karena masih menunggu penetapan Undang Undang (UU) Pilkada baru yang rancangannya masih dibahas di DPR.

Dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, dijelaskan bahwa tahapan Pilkada harus sudah berjalan enam bulan sebelum pemungutan suara.

Jadi menurut Misna Attas, jika pilkada dilaksanakan Juni, tahapan awal sudah harus jalan paling lambat Januari 2015. [tribunnews]