KPU Tetapkan Debat Capres-Cawapres Selama Ramadhan Digelar Setelah Tarawih

Debat Capres
Selama bulan Ramadhan yang dimulai hari minggu 29 Juni 2014, debat capres dilaksanakan usai shalat tarawih. Pada hari itu juga merupakan debat capres yang keempat, yang akan diisi dengan debat antara calon wakil presiden (cawapres).

Sebelumnya pada debat capres 1,2, dan 3 dimulai pukul 20.00 WIB, maka debat keempat nanti dimulai pukul 20.30 WIB.

Komisioner KPU Sigit Pamungkas, di kantor KPU, Jakarta, Rabu (25/6) mengatakan bahwa bila KPU pakai schedule lama, pasti akan banyak masyarakat yang tidak bisa mengikuti debat, dan tujuan debat menjadi tidak tercapai. Maka KPU sudah berkoordinasi dengan pasangan calon untuk digeser jadi jam 20.30 WIB.

Sigit melanjutkan, debat keempat akan menjadi adu ide antara cawapres nomor urut 1 Hatta Rajasa dan cawapres nomor urut 2 Jusuf Kalla. Dengan tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Iptek. Debat akan dilangsungkan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Masyarakat bisa menyaksikan debat secara langsung melalui tayangan RCTI, MNCTV, dan Global TV.

Masih menurut Sigit, KPU masih membahas bersama tim pasangan calon untuk menentukan moderator pemimpin debat. KPU telah mengajukan tujuh nama kandidat moderator yang menguasai tema debat.

Berikut jadwal debat capres dan cawapres 2014:

  1. Debat capres dan cawapres pertama 9 Juni 2014, disiarkan SCTV, Indosiar, dan Berita Satu dengan tema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum. 
  2. Debat capres kedua 15 Juni 2-014, debat capres disiarkan Metro TV dengan Tema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial.
  3. Debat ketiga (kusus capres) 22 Juni 2014, disiarkan TV One dan ANTV dengan tema Politik Internasional dan Ketahanan Nasional pada. 
  4. Debat keempat29 Juni, debat cawapres disiarkan RCTI, MNCTV, dan Global dengan Tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Iptek.
  5. Debat capres dan cawapres terakhir 5 Juli,  disiarkan TVRI dan Kompas TV dengan Tema Pangan, Energi, dan Lingkungan.