Nomor Urut Pasangan cagub - cawagub Jawa Timur - Jatim

logo/lambang provinsi Jawa Timur
KPU Jatim menggelar pengundian nomor urut cagub-cawagub Jatim, setelah sebelumnya pada hari Senin (15/7/2013) menetapkan tiga pasangan cagub-cawagub Jatim melalui voting tertutup dan berlangsung alot.

Pasangan calon ini adalah tambahan, setelah sebelumnya terdapat 3 pasangan calon dan sekarang bertambah satu setelah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menerima sebagian gugatan Khofifah-Herman. DKPP memutuskan pasangan itu bisa ikut serta dalam Pilkada Jatim. "Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum secara cepat dan tepat, sesuai prinsip etika, untuk memulihkan pasangan Khofifah-Herman," kata Ketua DKPP Jimly Asshidiqie saat membacakan putusan di ruang sidang DKPP.

foto pasangan calon gubernur Jatim 2013


Nomor urut pasangan cagub dan cawagub yang dihasilkan dari pengundian tersebut adalah :

1. Nomor urut 1, pasangan petahana Soekarwo - Saifullah Yusuf.
2. Nomor urut 2, pasangan jalur independen Eggi Sudjana - M Sihat.
3. Nomor urut 3 Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah.
4. Nomor urut 4 Khofifah Indar Parawansa-Herman Suryadi Sumawireja

Tiga pasangan cagub-cawagub Jatim hadir didampingi tim sukses masing-masing dalam pengundian tersebut. Suara teriakan dukungan pun beberapa kali terdengar di acara yang digelar di Ballroom JW Marriott Surabaya itu.

Dalam acara tersebut Ketua KPU Jatim mempersilakan masing-masing pasangan memberikan sambutan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Dalam sambutannya, Eggi Sudjana berpendapat bahwa, baginya nomor urut 2 memiliki arti filosofi yang mendalam. ''Dua itu lambang perdamaian dari jari telunjuk dan jari tengah. Dua itu adalah Allah dan Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Insya Allah, Eggi-Sihat nomor dua memimpin Jatim dengan kedamaian," tuturnya.

Di lain pihak cagub dari PDI-P, Bambang Dwi Hartono, menyatakan harapannya bahwa Pilgub Jatim tahun ini berjalan bersih. ''Kita semua tahu, bahwa Pilgub Jatim 2008 lalu masih banyak ditemukan indikator kecurangan. Ini bukan saya yang bicara, tapi Mahkamah Konstitusi,'' tegasnya.

Gemuruh seruan dan tepuk tanganpun terdengar dari puluhan timnya  menyambut pernyataan mantan wali Kota Surabaya itu, karena disampaikan langsung di hadapan pemenang Pilgub Jatim 2008, yakni Gubernur Jatim Soekarwo dan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf. -Hasil Quick Count Pilkada-

Lihat juga
"Hasil Quick Count Pemilukada Jatim - Jawa Timur"
"Hasil Survey Proximity-Pilgub Jatim"