Hasil Quick Count (Hitung Cepat) Pilkada (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018

Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra)
Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra)
Hari ini Rabu, 27 Juni 2018 adalah hari digelarnya pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di seluruh Indonesia atau yang populer disebut Pilkada serentak 2018.

Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah salah satu daerah yang menggelar pesta demokrasi lima tahunan untk memilih pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masa bakti 2018-2023.

Pencoblosan surat suara dimulai pagi hari waktu setempat. Para pemilih memberikan suaranya di masing-masing TPS. Setelah acara Pemilihan selesai, KPPS melakukan penghitungan surat suara di masing-masing TPS. Kemudian hasil perhitungan tersebut dikumpulkan di tingkat PPS (Kecamatan) untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil akhir penghitungan suara oleh KPU setempat yang dihadiri saksi masing-masing pasangan calon, pemantau dan anggota masyarakat.

Hasil penghitungan yang dianggap sah atau resmi adalah penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU, Namun ada pula pihak lain yang secara independen melakukan penghitungan cepat atau biasa disebut Quick Count, Real Count. Sementara, hasil penghitungan suara oleh KPU merupakan penghitungan resmi atau manual oleh KPU menentukan siapa yang menjadi pemenang unggul dengan suara terbanyak pada Pilkada Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2018 ini.


Berikut ini Perolehan suara akhir Hasil Quick Count Pilgub Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018 terbaru berdasarkan persentase dan jumlah suara:

Hasil quick count atau hitung cepat Pilkada Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018 versi Lembaga survei The Haluoleo Institute (THI):

Hasil quick count atau hitung cepat Pilkada Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018 versi Lembaga survei The Haluoleo Institute (lembaga yang terakreditasi KPU Sulawesi Tenggara) yang diambil dari, 4.909 TPS yang tersebar di seluruh kabupaten. Sebanyak 1.628.320 orang pemilih tercatat KPU sebagai pemilih di Sultra.

Pasangan cagub nomor urut 1 Ali Mazi-Lukman Abunawas, memperoleh suara 42,52 persen. Pasangan nomor urut 2 Asrun-Hugua dengan perolehan suara 25,15 persen, sedangkan pasangan nomor urut 3 Rusda Mahmud-LM Sjafei Kahar dengan perolehan suara 32,46 persen.


Hasil quick count atau hitung cepat Pilkada Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018 versi Jaringan Suara Indonesia (JSI):

Lembaga Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang menggelar quick count Pilkada 2018 memenangkan pasangan nomor 1 Ali Mazi-Lukman Abunawas. Mantan gubernur Sulawesi Tenggara ini meraih 44,04 persen.


Asrun-Hugua meraih suara 25,7 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 3 Rusda Mahmud-Sjafei Kahar meraih suara sebesar 30,88 persen.