Profil & Biodata Muhamad Idrus, Cagub DKI Asal PKS

Muhamad Idrus
Muhamad Idrus [http://muhamadidrus.com/]
Muhamad Idrus adalah Salah satu kader Partai Keadilan Sejahtera, ia merupakan tokoh muda yang kini digadangi menjadi kandidat kuat dari PKS.

Muhamad Idrus lahir di pinggiran Ibu kota DKI Jakarta pada 28 Maret 1978. Saat duduk di bangku sekolah dasar, Idrus sudah memulai usaha sendiri dengan berjualan pecahan balok es milik perahu nelayan yang ia kumpulkan lalu dijualnya kepada ibu-ibu pedagang ikan di Pasar Mencos Kalibaru. Selain itu Idrus kecil mencoba peruntungan lain dengan menjual es lilin dengan modal dari uang yang ia kumpulkan.

Di bangku SMA, Ia belajar dan aktif dalam organisasi sekolah, semangatnya dalam berbisnis tidak pernah luntur, Ia berdagang barang apa saja yang ia beli dari Pasar Ular Plumpang, kemudian menjualnya pada teman-teman nya di sekolah.

Sebagai seorang muslim, Ia tidak melupakan kehidupan bersosialisasi dengan  masyarakat dengan berperan aktif di remaja masjid di lingkungannya. Sambil menyelesaikan kuliah di Fakultas Teknik Metalurgi Universitas Indonesia (UI), beliau menyempatkan diri  mengajar di MTs Al-Mubasyirien Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

Berdasarkan pengalaman bisnis yang naik turun, Idrus mendirikan perusahaan Kinan Group yang bergerak di bidang pertukaran valuta asing, manufaktur serta pengembang perumahan dan pemukiman asri. Idrus juga menjabat sebagai Komisaris Independen Asuransi Mitra Maparaya Tbk, CEO Inilah.com, dan petinggi beberapa perusahaan lainnya, dan kini memiliki Rumah Sakit Ibnu Sina di Jakarta, sebuah rumah sakit yang lebih mengedepankan pelayanan untuk masyarakat kurang mampu daripada sekedar mengejar keuntungan. Rumah Sakit yang hampir 100% pasiennya adalah mereka yang hidup kekurangan.

Idrus sangat peduli dengan kesejahteraan kaum pekerja, antara lain, mereka yang berdagang valuta asing (money changer). Berkat fokusnya pada pedagang valuta asing, Dia pun didaulat jadi Ketum APVA Indonesia untuk periode 2012-2015. Di organisasi, Idrus pernah menjabat Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Jawa Barat dan Ketua Departemen Infrastruktur Laut dan Sungai di BPP HIPMI. Saat ini diamanahi sebagai Ketua Kompartemen Modal dan Investasi BPP HIPMI.

Bermodal pengalamannya itu dia kemudian maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nomor urut 4 untuk daerah pemilihan DKI Jakarta 3 (Jakarta Barat dan Utara) pada tahun 2014 yang lalu. Namun upayanya gagal. Kini dia pun berjuang untuk mengabdikan diri kepada masyarakat DKI Jakarta.


Kehidupan pribadi

Muhamad Idrus menikah dengan Risma Neswati yang merupakan seorang aktivis ITB Bandung dan lulusan cumlaude matematika dari kampus tersebut. dari pernikahan mereka dikaruniai empat orang anak yang kesemuanya adalah laki-laki.


Profil Muhamad Idrus
  • Lahir: 28 Maret 1978, Betawi, Indonesia. 
  • Tempat tinggal: Kalibaru Barat, Cilincing.
  • Agama: Islam
  • Pendidikan: 
  • Sekolah Dasar di SDNi 07 di Kalibaru. 
  • SMP Negeri 53 Jakarta
  • SMA Negeri 13 Jakarta. 
  • Fakultas Teknik Metalurgi, Universitas Indonesia, lulus tahun 2001.

Pengalaman berorganisasi:
  • Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).
  • Ketua Lembaga Ekonomi Pimpinan Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Provinsi DKI Jakarta.
  • Ketua Koperasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta

Penghargaan

Dari Ikatan Alumni Teknik Metalurgi  Universitas Indonesia dalam kontribusinya kepada ILUNI Teknik UI.


Sumber: