Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Luwu 2013

logo/lambang Kabupaten Luwu
Hasil Quick Count PIlkada - Proses pemungutan suara yang dilakukan pada 18 september 2013 dilaksanakan mulai pagi hari hingga siang waktu setempat, seluruh warga masyarakat kabupaten Luwu bergegas menuju TPSnya masing-masing untuk mencoblos guna memilih pasangan calon bupati dan wakil bupati Luwu, setelah pencoblosan selesai, KPPS melakukan rapat rekapitulasi surat suara, hasil penghitungan tersebut akan diserahkan ke tingkat PPS untuk selanjutnya dikumpulkan di KPU/KPUD setempat utntuk dilakukan rapat pleno yang akan dihadiri oleh pihak-pihak yang terkait. Pemilukada ini akan memilih satu dari tiga pasangan calon yang nantinya akan menjadi pemenang dalam pilbup. terdapat perhitungan pilkada yang dilakukan selain oleh KPU yaitu beberapa lembaga survey atau lembaga independen dengan melakukan hitung cepat dengan mengambil contoh dari beberapa TPS secara acak, tetapi bagi KPU/KPUD, hasil Pleno KPU/KPUDlah yang dianggap sah oleh KPU.

Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Luwu 2013:
Versi Celebes Research Center (CRC), Suara masuk 93,33 persen

1. Basmin Mattayang-Syukur Bijak (Baik) 44,13 persen
2. Andi Mudzakkar-Amru Saher (Cakka-Amru) 45,82 persen
3. Basri Suli-Thomas Toba (Baru mo) 10,05 persen


Hasil survey Oleh Lembaga Survey Celebes\Research Center ( CRC )

Meskipun tidak terlihat pasangan yang menonjol dari ketiga pasangan calon bupati Lumu ini tetapi hasil survey CRC membuat hasil yang mencengangkan meskipun tidak bisa menjadi patokan untuk pilkada Luwu ini, terdapat Dua pasang calon yang menduduki urutan teratas berdasarkan Survey yang diadakan jauh sebelum penetapan Peserta ( Kandidat ), misalnya hasil Survey  pada bulan Pebruari 2013 Oleh Lembaga Survey Celebes \Research Center ( CRC ) untuk elektabilitas, Basmin Mattayang Mantan Bupati memperoleh 59,75 % sedang Elektabilitas Bupati Petahana Andi Mudzakkar hanya  26,25 %, sedang ketika dilakukan simulasi untuk 3 nama calon presentase yang diperoleh menjadi Basmin Mattayang memperoleh hasil tertinggi dengan prosentase 52,50 %, diurutan kedua Petahana Andi Mudzakkar dengan 24 % dan Syukur Bijak 12,25 %,

Dari hasil survei tersebut Basmin Matta dengan perolehan 52,50 % menjadikannya sebagai calon bupati dengan elektabilitas tertinggi, di lain pihak Andi Mudzakkar (incumbent) berada di urutan kedua dengan tingkat elektabilitas 24  %, Sedangkan di posisi ketiga dengan tingkat elektabilitas sebesar 12,25 persen adalah Syukur bìjak. Selain itu terdapat  11,25 % suara responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Hasil yang dilakukan pada  simulasi empat nama calon yakni Andi Mudzakkar, Basri Suli, Basmin Mattayang dan Ansar Pandaka juga tidak jauh berbeda. Basmin Mattayang tetap berada di posisi teratas dengan tingkat elektabilitas mencapai 56 persen, di urutan kedua juga ditempati oleh Andi Mudzakkar dengan tingkat elektabilitas 25 %. Di urutan ketiga ada Basri Suli dengan tingkat elektabìlitas 2,50 % dan Ansar Pandaka di urutan keempat dengan tingkat elektabilitas sebesar 1,75 %.

Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Andi Mudzakkar berbanding lurus dengan hasil yang diperoleh incumbent  yang hanya memperoleh 48,5 % responden yang menjawab cukup puas, 2 persen sangat puas, 36,75 persen kurang puas dan 2,75 persen tidak puas sama sekali.

Kemudìan survei persepsi publik yang menginginkan Andi Mudzakkar maju kembali sebagai Bupati Luwu pada periode berikutnya hanya 33,50 persen, yang tidak menginginkan 41 persen, dan yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 25,50 persen.

Keterangan: Hasil Survei CRC di atas dilakukan pada akhir Februari 2013, sample 400 dengan margin error 5 persen pada tingkat kepercayaan.