Pasangan Calon Pilkada Belitung 2013

logo kabupaten Belitung
Lihat pula: "Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Belitung"

Enam pasang calon bupati Belitung dan wakil bupati Belitung yang akan bertarung pada pilkada Oktober 2013 mendatang akhirnya ditetapkan KPU (komisi Pemilihan umum) Kabupaten Belitung. Penentuan pasangan itu didasarkan rapat pleno yang digelar pada Jumat 23 Agustus 2013 sekitar pukul 14.00 Wib.

Ke 6 (enam) Pasangan Calon Bupati / Wakil Bupati Kab. Belitung yang dinyatakan memenuhi Syarat Sebagai Peserta Pemilu Bupati / Wakil Bupati Kab. Belitung Tahun 2013 tersebut adalah:

  • Pasangan Andi Saparudin Lanna. SH - Junaidi M Tamin dengan Jargon "LAJU" yang diusung oleh PDK, PKBIB, PNBKI ,Barnas, PPRN, PNIM, PPDI, PBR dan Partai Buruh. 
  • Pasangan H. Sahani Saleh. S. Sos - H. Erwandi dengan Jargo "BESAER" yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Hanura. 
  • Pasangan Telie Gozalie. SE - Taufik Rizani. Amd dengan Jargon "PASTI" yang diusung PDI-P dan PKB. 
  • Pasangan Yuslih Ihza Mahendra - H. Abdullah Ma'ruf dengan Jargon LLILLAH. pasangan ini diusung oleh PBB dan PPP.
  • Pasangan dr. Wiryati Husein - Suharyanto. BA dengan Jargon "KB" yang diusung oleh Demokrat, PAN dan PKPI. Pasangan Junaidi Haminte - Harsono Katis dengan Jargon "Tekad JH" yang diusung Gerindra, PKS dan PDP. 
Agustin AMd (Ketua KPU Kabupaten Belitung)  mengungkapkan bahwa pada acara penetapan calon tersebut di pimpin oleh Ketua KPU Kab. Belitung (Agustin. Amd) yang di dampingi oleh Anggota KPU Kab. Belitung (Harpanizar. SE, Rinto E Marpaung dan Mulyadi) serta Ketua Pokja Verifikasi (Ilham).

Penetapan pasangan calon tersebut juga dihadiri oleh Anggota Panwaslu Kab. Belitung (Dedi Aspriadi dan Hendri Hari), Pasangan CaBup / Wabup Sahani Saleh. S. Sos - Erwandi A. Rani, Wiryati Husein - Suharyanto. BA sedangkan untuk 4 Pasangan Calon Bup / Wabup lainya tidak hadir, selain itu acara penetapan itu juga dihadiri Ketua maupun Perwakilan dari Partai Pengusung Calon Bupati / Wabup.

Sementara itu untuk penetapan nomor urut enam pasang calon bupati dan wakil bupati Belitung yang siap bertarung pada pilkada oktober 2013 mendatang akan dilakukan pada Minggu 25 Agustus 2013.