Hasil Quick count Pilkada Kabupaten Jeneponto 2013

logo lambang Kabupaten Jeneponto
Hasil Quick count Pilkada - Pemilihan umum kepala daerah(Pemilukada) kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan telah tiba, 18 september 2013 adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat kabupaten jenepomto, terutama bagi para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang bersaing berebut simpati masyarakat agar memilih mereka sehingga menjadi pemenang pada pilkada ini. Terdapat Tiga pasangan calon yang akan dipilih, diantaranya yaitu: pasangan Iksan Iskandar-Mulyadi Mustamu (Siap-Bisa),pasangan Syuaib Mallombasi-Andi Mappatunru (Smart-Pilar), dan pasangan Ashari Fakshirie Radjamilo-Mahlil Sikki (AFR-Maki). pencoblosan dimulai pada pagi hari hingga siang waktu setempat. setelah waktu yang ditentukan telah tiba maka KPPS mulai menghitung surat suara dalam rapat rekapitulasi mereka, selanjutnya hasil penghitungan suara tersebut akan dikirim ke tingkat PPS, selanjutnya hasil perhitungan suara dari seluruh TPS akan dipusatkan di KPU/KPUD dan akan dilakukan rapat pleno penghitungan yang disaksikan oleh yang berkepentingan. selain hasil dari KPU terdapat juga lembaga independen yang menghitung dengan cara "hitung cepat" dengan mengambil contoh yang disebar secara acak, tetapi bagi KPU hasil pleno KPUlah yang dianggap sah oleh KPU.

Hasil Quick count Pilkada Kabupaten Jeneponto 2013 
Quick count Pilkada Kabupaten Jeneponto, versi Celebes Research Center (CRC) dengan suara masuk 100 persen.

1. Iksan Iskandar-Mulyadi Mustamu (Siap-Bisa) 50.83 %
2. Syuaib Mallombasi-Andi Mappatunru (Smart-Pilar) 4.74 %
3. Ashari F Radjamilo-Mahlil Sikki (AFR-Maki) 44.43 %

Sekilas tentang Profil Kabupaten Jeneponto

Kabupaten Jeneponto adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. terletak di ujung bagian barat dari wilayah Propinsi Sulawesi selatan dan merupakan daerah pesisir pantai yang terbentang sepanjang ± 95 di bagian selatan. Letak geografisnya diantara 50 16’ 13” – 50 39’ 35” Lintang Selatan dan 120 40’ 19” – 120 7’ 51” Bujur Timur.

Daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Jeneponto: sebelah Utara berbatasan dengan Gowa, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Flores, sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Takalar dan sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Bantaeng.

Luas wilayah: 74.979 ha atau 749,79 km2. penggunaan tanah yang terluas pertama tahun 1999: Tegalan/Kebun seluas 35.488 ha atau 47,33%, terluas kedua adalah Sawah Panen Satu Kali seluas 12.418 ha atau 16,56%, terluas ketiga adalah Hutan Negara seluas 9.950 ha atau 13,27%, sedangkan penggunaan tanah untuk Pekarangan seluas 1.320 ha atau 1,76% dan yang terendah adalah Ladang / Huma seluas 31 ha atau 0,04%.

Kabupaten Jeneponto Kondisi topografi tanahnya pada umumnya memiliki permukaan yang sifatnya bervariasi, ini dapat dilihat bahwa pada bagian Utara terdiri dari dataran tinggi dan bukit-bukit yang membentang dari Barat ke Timur dengan ketinggian 500 sampai dengan 1.400 meter diatas permukaan laut. Daerah ini cocok bila dijadikan sebagai areal pengembangan tanaman hortikultura dan sayur-sayuran. Dibagian tengah Kabupaten Jeneponto meliputi wilayah-wilayah dataran dengan ketinggian 100 sampai dengan 500 meter diatas permukaan laut, dan bagian selatan meliputi wilayah-wilayah dataran rendah dengan ketinggian 0 sampai dengan 100 meter di atasa permukan laut.

Daerah ini memiliki nilai ekonomi yang cukup baik bila dijadikan sebagai arel pengembangan industri penggaraman dan daerah ini telah tumbuh usaha penggaraman rakyat, selain itu daerah ini nilai ekonominya cukup potensial untuk pengembangan tanaman perkebunan dan pertanian tanaman pangan. Pada bagian Selatan meliputi wilayah-wilayah dataran rendah dengan ketinggian 0 sampai dengan 150 meter di atas permukaan laut.