Home » » Hasil Quick Count Pilkada Padang Lawas Utara - Paluta 2013

Hasil Quick Count Pilkada Padang Lawas Utara - Paluta 2013

Written By muhamad nurdin fathurrohman on Tuesday, August 13, 2013 | 12:30 AM

logo/lambang kabupaten Padang Lawas Utara
Pada tanggal 14 agustus 2013 di Kabupaten Lawas Utara (Paluta) dilaksanakan Pemilihan Bupati beserta wakilnya, Terdapat lima pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan maju dalam pemilihan tersebut, kelima pasangan calon tersebut adalah: Pasangan H Raja Aman SE-Darwinsyah SE, Pasangan Syahrul Harahap-Sunggul Lelo Siregar , Pasangan Sutan Siregar-Zulkifli Rambe, Pasangan Drs H Bachrum Harahap-H Riskon Hasibuan, dan Pasangan Ali Muda Rambe SH -Muhammad Awal Hasibuan.

Kadis Dukcapil Palas Drs Bermawi Lubis menjelaskan, jumlah daftar pemilih sesuai dengan data pihak Dukcapil Palas sebanyak 171.071 orang yang tersebar di 12 kecamatan.

“Khusus Kecamatan Huristak yang menjadi persoalan pembahasan  jumlah DPT yang pasti, sesuai data base jumlah KK di Desa Patogujanji sebanyak 400 Kepala Keluarga ( KK) lebih, sedangkan warga yang telah memiliki KTP sebanyak 1000 orang lebih. Menyangkut penetapan DPT, menjadi kewengan KPU secara mutlak sesuai hasil kesepatan bersama dari semua unsur yang terlibat dalam pembahasan DPT Pilkada Palas,” ungkap Bermawi.

Sedangkan Ketua Panwaslu Palas diwakili Devisi Umum Abdul Rahman Daulay mengatakan, sesuai dengan draf rekapitulasi badan pelaksana dan DPT dalam Pilkada  Palas tahun 2013, jumlah DPT pemilih yang telah memiliki hak pilih sebanyak 151.483 orang, melingkupi 12 kecamatan yang ada.

Hasil Quick Count Pilkada Padang Lawas Utara 2013

1. H Raja Aman SE - Darwinsyah SE : Sementara 1,99 persen suara
2. Syahrul Harahap - Sunggul Lelo Siregar : Sementara 24,69 persen suara
3. Sutan Siregar - Zulkifli Rambe : Sementara 5,54 persen suara
4. H Bachrum Harahap - H Riskon Hasibuan : Sementara 67,64 persen suara
5. Ali Muda Rambe SH - Muhammad Awal Hasibuan : Sementara 0,12 persen suara

Hasil di atas Berdasarkan hasil survei penghitungan sementara tim Pusat Kajian Strategis Korps Alumni HMI (Kahmi) bersama Lingkaran Survei Indonesia (LSI) di Gunung Tua, Padang Lawas Utara untuk Pilkada Kabupaten Paluta 2013.

Pengumuman hasil penghitungan suara secara keseluruhan masih dihitung dari semua TPS. Anggota KPU Padang Lawas Utara Ansor Siregar mengatakan, belum dapat mengumumkan hasil pilkada tersebut karena harus melalui proses rekapitulasi di tingkat kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK). Setelah dihitung di tingkat KPPS dan PPK, pihaknya juga akan melakukan rekapitulasi di tingkat KPU yang dilanjutkan dengan rapat pleno untuk penetapan pasangan terpilih.

Sekilas tentang Kabupaten Padang Lawas Utara

Kabupaten Padang Lawas Utara adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Utara, Indonesia, yaitu hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan. Ibukota kabupaten ini adalah Gunung Tua.

Sembilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Padang Lawas Utara: Batang Onang, Dolok, Dolok Sigompulon, Halongonan, Hulu Sihapas, Padang Bolak, Padang Bolak Julu, Portibi, Simangambat.

Menurut hasil sensus 2010 Jumlah Penduduk Padang Lawas Utara berjumlah 223.531 jiwa dengan kepadatan 57 per kilometer persegi, pada tahun 2011 meningkat menjadi 225.621 jiwa dengan pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun sekitar 2,18 persen. - Hasil Quick Count Pilkada -