Hasil Quick Count Pilgub Sumatera Utara 2018


Hari ini Rabu, 27 Juni 2018 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar pemilihan umum kepala daerah (PEMILUKADA) untuk memilih pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur masa bakti 2018-2023.

Pemilihan guibernur Sumatera Utara atau biasa disebut PILGUBSU 2018 ini digelar mulai pagi hari waktu setempat. Para pemilih memberikan suaranya di masing-masing TPS. Setelah acara Pemilihan selesai, KPPS melakukan penghitungan surat suara di masing-masing TPS. Kemudian hasil perhitungan tersebut dikumpulkan di tingkat PPS (Kecamatan) untuk dilakukan rapat pleno hasil akhir penghitungan suara oleh KPU setempat yang dihadiri saksi masing-masing pasangan calon, pemantau dan anggota masyarakat.

Selain KPU yang melakukan penghitungan manual, ada pula pihak lain yang secara independen melakukan penghitungan cepat atau biasa disebut Quick Count, Real Count. Berikut ini Hasil Quick Count Pilgub Sumatera Utara 2018 terbaru berdasarkan persentase dan jumlah suara:

Sejumlah lembaga survei yang melaksanakan hitung cepat atau quick count untuk Pilkada Sumatera Utara 2018 sudah memasukkan 100 persen data dari tempat pemungutan suara (TPS). Berikut data empat lembaga survei pada Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Indikator dan LSI.
 

1. Quick count SMRC: 

Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dinyatakan menang dalam hitung cepat SMRC.
Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah: 58,81 persen Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus: 41,19 persen

Populasi dalam quick count ini adalah seluruh pemilih sah yang datang ke 300 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sampel dipilih menggunakan metode stratified cluster random sampling dengan margin of error plus minus 1 persen dan tingkat kepercayaan 99 persen. 


2. Quick count Indikator: 

Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul dalam hitung cepat Indikator. Hingga pukul 22.00 WIB, data yg masuk mencapai 99,67 persen.

Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah: 56,64 persen Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus: 43,36 persen

Indikator Politik Indonesia mengambil 300 sampel TPS. Adapun margin of error kurang lebih 1,32 persen, dengan partisipasi pemilih sebesar 62,05 persen. 


3. Quick count LSI: 

Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dinyatakan menang dalam hitung cepat LSI.

Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah: 57,12 persen Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus: 42,88 persen LSI Denny JA mencatat voter turnout (VTO) mencapai 69,14 persen.

Adapun margin of error 1 persen. 


4. Quick count Charta Politika 

Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dinyatakan menang dalam hitung cepat Charta Politika. Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah: 59,98 persen Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus: 40,02 persen