Nomor Urut Paslon Pilkada Kota Bandung 2018

lambang / logo Kota Bandung
Bertempat di Gor Padjadjaran, Selasa (13/2/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menetapkan nomor urut pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung 2018.

Dalam rapat pleno terbuka tersebut diperoleh hasil sebagai berikut:
  1. Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat menempati nomor urut 1
  2. Yossi Irianto-Aries Supriatna nomor 2
  3. Oded M Danial-Yana Mulyana nomor 3.

Untuk diketahui, Pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) yang berjuluk NURULI ini mengantongi 13 kursi yang berasal dari Golkar, Demokrat dan PKB. Sementara PAN dan Perindo yang juga mendukung tidak memiliki kursi di DPRD Kota Bandung.

Nurul merupakan seorang artis era 80-90an yang sejak lama aktif sebagai kader dan pengurus Golkar pusat. Sedangkan Ruli adalah kader Demokrat yang tak lain anak dari mantan menteri perindustrian era SBY, MS Hidayat.

Sementara, pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna memiliki dukungan 24 kursi yang berasal dari PDIP, Hanura, Nasdem dan PPP.

Yossi saat ini masih aktif sebagai Sekda Kota Bandung, sementara Aries adalah kader PDIP yang masih bertugas sebagai Anggota DPRD Kota Bandung. Selain itu Aries juga dikenal dengan istrinya, Ineu Purwadewi Sundari, yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Jabar.

Pasangan yang mendapat nomor urut tiga, Oded M Danial-Yana Mulyana diusung oleh PKS dan Gerindra dengan total 13 kursi parlemen. Selain itu pasangan ini juga didukung oleh PBB yang tidak memiliki kursi.

Oded sendiri merupakan pertahana yang masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Sedangkan sang wakil, Yana, merupakan pentolan ormas FKPPI dan menjabat sebagai ketua di Jabar.