Biodata & profil 3 Paslon Pilkada Sumatera Utara 2018

Dilihat dari Jadwal dan Tahapan Lengkap Pilkada Serentak Tahun 2018, proses Pendaftaran pasangan calon telah dilaksanakan pada 8-10 Januari 2018 di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sumatera Utara. Terdapat tiga pasangan tetap yang akan berkompetisi dalam Pilkada Sumatera Utara tersebut. Berikut ini sosok dan partai yang mengusung mereka.


JR Saragih-Ance Selian
Dr JR Saragih SH, MM
JR Saragih

Pasangan calon Dr JR Saragih SH, MM dan Ance Selian adalah kader dari Partai Demokrat. Didukung oleh koalisi Demokrat, PKB, dan PKPI. Pasangan ini diumumkan oleh ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama 17 pasangan calon gubernur/wakil gubernur lainnya pada Minggu (7/1/2018). Pengumuman disampaikan oleh SBY di Kantor DPP Demokrat, Wisma Proklamasi 41 Menteng, Jakarta, didampingi para pengurus partai.

Dr JR Saragih SH, MM adalah Bupati Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara periode 2010-2015 dan periode 2016 - 2021. Bersama wakilnya, Hj. Nuriaty Damanik, JR terpilih pada pilkada tahun 2010 dengan meraih 148.977 suara dari total 384.420 suara sah. (Baca selengkapnya: "Biodata lengkap Dr JR Saragih SH, MM")
Ance Selian
Ance Selian

Ance Selian merupakan mantan anggota DPRD Sumut priode 2009-2014. Kini Ance Selian menjabat sebagai Ketua DPW PKB Sumut. Karir politiknya, murni di PKB.

Ance Selian terpilih pertama kali pada Muswil IV menjadi Ketua DPW PKB Sumut untuk priode kepengurusan 2012-2016. Kemudian pengangkatan kembali untuk priode 2016-2021. Priode ini tidak berdasarkan hasil Muswil, tapi berdasarkan pengangkatan dan penetapan DPP PKB, atas penilaian dan keseriusan kinerja priode berjalan. (Baca selengkapnya: "Biodata lengkap Ance Selian")


Djarot Saiful Hidayat
Djarot Saiful Hidayat
Djarot Saful Hidayat-Sihar Sitorus

PDI Perjuangan resmi mengusung Djarot Saiful Hidayat sebagai calon gubernur Sumatera Utara. Ia dipasangkan dengan Sihar Sitorus sebagai calon wakil gubernur Sumatera Utara.

Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, MS (EYD: Jarot Saiful Hidayat) (lahir di Magelang, Jawa Tengah, 6 Juli 1962) pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Juni 2017. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta sejak 9 Mei 2017 menggantikan Basuki Tjahaja Purnama yang divonis 2 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara terkait kasus penodaan agama.

Sihar Sitorus
Sihar Sitorus
Djarot adalah politisi PDI Perjuangan yang pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019. Selain itu, Djarot juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Blitar sejak 3 Mei 2000 hingga 3 Agustus 2010, anggota DPRD Jawa Timur sejak 1999 hingga 2000, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta sejak 17 Desember 2014 hingga 9 Mei 2017.

Sihar Sitorus adalah seorang pengusaha yang menjadi Calon Wakil Gubernur Pilgub Sumut 2018. Ia adalah putra dari tokoh Batak, DL Sitorus. Sahar dipercaya diusung oleh PDIP sebagai pendamping Djarot Djarot Saiful Hidayat.

Sihar pernah dipercaya sebagai juru kampanye nasional oleh PDIP pada masa Pilpres 2014. (Baca selengkapnya: "Profil Nyono Suharli Wihandoko - Bupati Jombang ke-19")


Edy Rahmayadi
Edy Rahmayadi
Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah

Pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah atau Ijeck juga merupakan bakal calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Sumatera Utara di Pilkada 2018. Pasangan Edy dan Ijeck di dukung lima partai sekaligus, di antaranya Gerindra, PKS, PAN, Golkar, dan NasDem. Total dukungan 50 kursi atau setengah dari jumlah kursi yang ada di DPRD Sumut.

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Edy Rahmayadi (lahir di Sabang, Aceh, 10 Maret 1961) adalah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/12/I/2018, tanggal 4 Januari 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, ia di tetapkan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun dini). Sebelumnya ia menjabat Pangkostrad menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang telah menjadi KSAD.
Musa Rajekshah atau Ijeck
Musa Rajekshah

Edy Rahmayadi, merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1985 berpengalaman dalam bidang infanteri. Jabatan sebelumnya adalah Panglima Kodam I/Bukit Barisan. Ia anak dari Alm. Kapten TNI Rachman Ishaq, penduduk asli Kota Medan bersuku Melayu Deli. Edy Rahmayadi pernah menjabat sebagai Komandan Yonif Linud 100/Prajurit Setia yang bermarkas di Namu Sira-Sira, Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Musa Rajekshah atau Ijeck adalah Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara (Sumut)