Hasil Quick Count Pilgub Kalteng 2016

LaMBANG propinsi KAlimantan tengah
(Baca Juga : "Hasil Quick Count Pilgub Kalteng 9 Desember 2020")

Provinsi Kalimantan adalah salah satu daerah di Indonesia yang ikut dalam gelaran Pilkada serentak hari ini, 27 Januari 2016. Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) ini digelar untuk memilih pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur untuk periode lima tahun ke depan.

Penghitungan suara manual oleh KPU diawali pada tempat pemungutan suara (TPS). Perhitungan tersebut dilakukan oleh KPPS setelah pemilih selesai melakukan pencoblosan.

(Baca Juga : "Hasil Quick Count Pilgub Kalteng 9 Desember 2020")

Hasil hitung tersebut selanjutnya akan dilaporkan ke tingkat PPS di KPUD untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara. Hasil inilah yang nantinya akan menentukan pasangan mana yang unggul dan menjadi pemenang untuk duduk di kursi tertinggi di daerah ini.

Sementara itu, ada pula pihak lain yang melakukan hitungan, seperti pihak independen atau dari pasangan cagub itu sendiri. Metode yang digunakan adalah hitung cepat / quick count ataupun real count  dengan mengambil contoh hasil penghitungan surat suara di beberapa TPS. Biasanya hasil persentase tidak jauh dengan hasil hitung manual KPU. Namun demikian hasil KPU-lah yang dianggap sah oleh KPU.


Pilgub Kalteng

Perolehan suara quick count atau hitung cepat sementara pasangan Cagub dan Cawagub yang bersaing di Pilkada Kalimantan Tengah (Kalteng), berdasarkan hitung cepat lembaga survei Indo Barometer, yang bekerja sama dengan tvOne, hingga petang ini, Rabu, 27 Januari 2016:
  1. H Sugianto Sabran dan Habib H Said Ismail. Memperoleh 49,83 persen.
  2. Willy Midel Yosef dan HM Wahyudi K Anwar. Memperoleh 50,17 persen

Real Count KPU berdasarkan Hasil Hitung TPS (Form C1) Provinsi Kalimantan Tengah. Data Masuk: 100% (5.755 dari 5.755 TPS)
  1. H. Sugianto Sabran dan Habib H. Said Ismail. Perolehan: 518260 Suara (51,51%)
  2. DR. Ir. Willy Midel Yoseph., MM, MAP dan Drs. H. M. Wahyudi K. Anwar, MM., MAP. Perolehan: 487883 Suara (48,49%)