KPU ajukan anggaran 17 Milyar ke Pemkab Inhu untuk Pilkada 2015

KPU ajukan anggaran 17 Milyar ke Pemkab Inhu untuk Pilkada 2015Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhu sudah mengajukan anggaran pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) Inhu tahun 2015 senilai Rp 17 miliar lebih kepada Pemkab Inhu Guna menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Inhu tahun 2015.

Berdasarkan penganggaran yang diajukan tersebut, KPU Inhu berharap sekitar Rp 1,5 miliar sudah bisa dianggarkan pada APBD Perubahan Kabupaten Inhu tahun 2014.

“Anggaran Pemilukada Inhu sudah kita ajukan kepada Pemkab Inhu sejak sebelum pelaksanaan Pilpres lalu. Kita berharap dari anggaran yang kita ajukan, sekitar Rp 1,5 miliar dapat dialokasikan pada APBD Perubahan tahun 2014, sedangkan sisanya dianggarkan melalui APBD murni tahun 2015,” ujar Ketua KPU Inhu, Muhammad Amin didampingi Sekretaris KPU Inhu Watno, Rabu (13/8) kemarin seperti yang dilansir dari inhukab.go.id.

Amin menjelaskan, anggaran senilai Rp 17 miliar tersebut akan digunakan KPU Inhu untuk menyelenggaran seluruh tahapan pelaksanaan Pemilukada Inhu 2015, termasuk jika pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu akan dilaksanakan dua putaran.

“Saat ini KPU Inhu belum menetapkan jadwal pelaksanaan Pemilukada Inhu 2015, tetapi kemungkinan tahapan pelaksanaan akan dilaksanakan mulai bulan November 2014 ini, makanya kita berharap sudah ada anggaran yang dialokasikan Pemkab Inhu melalui APBD Perubahan 2014,” jelasnya.

Amin mengungkapkan, pada tahapan pertama pelaksanaan Pemilukada, KPU Inhu akan menyurati DPRD Inhu terkait akan berakhirnya masa tugas Bupati dan Wakil Bupati Inhu periode 2010-2015. Kemudian KPU Inhu akan kembali merekruit Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta penyelenggara Pemilukada Inhu lainnya. Sebab PPK Pemilukada tidak sama dengan PPK Pemilu Legislatif dan Pilpres lalu.

Sementara itu, Sekda Inhu Raja Erisman membenarkan bahwa Pemkab Inhu sudah menerima usulan anggaran yang diajukan KPU Inhu senilai Rp 17 miliar lebih untuk pelaksanaan Pemilukada Inhu 2015. Dari anggaran tersebut, Pemkab Inhu sudah mengalokasikan senilai Rp 1 miliar melalui APBD Perubahan 2014. “Berhubung tahapan Pemilukada Inhu sudah dimulai tahun 2014 ini, maka Pemkab Inhu sudah mengalokasikan anggaran senilai Rp 1 miliar pada APBD Perubahan 2014,” ujarnya, Rabu (13/8).

Sedangkan untuk alokasi anggaran pada APBD murni tahun 2015, Pemkab Inhu akan terlebih dahulu melakukan proses verifikasi berdasarkan pengajuan KPU Inhu sebelum dimasukkan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafond Anggaran Sementara (PPAS) pada APBD murni Kabupaten Inhu tahun 2015. (Sumber: http://inhukab.go.id)