Hasil Quick Count pilkada Kabupaten Pidie Jaya (Pijay)

Logo Kabupaten PIdie Jaya (Pijay)
Hasil Quick count pilkada - Hari pemungutan suara di Kabupaten Pidie Jaya/Pijay untuk memilih pasangan calon Bupati dan wakil Bupati periode lima tahun mendatang pada 29 Oktober 2013  telah usai, Penghitungan suara oleh KPU dimulai pada tingkat KPPS dan berakhir di KPUD, hasil tersebut adalah hasil resmi yang dianggap sah oleh KPU. Meski demikian bagi masyarakat yang ingin mengetahui hasil pemilukada Pijay dengan cepat dapat melihat hasil perhitungan suara oleh pihak independen selain KPU, hasil hitung cepat tersebut biasanya dapat diketahui lebih cepat meski berbeda dengan hasil rekapitulasi KPUD namun perbedaannya tidak terlau jauh berbeda sehingga masyarakat dapat mengetahui gambaran tentang siapa kira-kira pasangan calon yang akan menjadi pemenang dalam Pilbup ini. Berikut hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon pada pemilukada kabupaten PIdi Jaya/Pijay.

Hasil Quick count pilkada Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) 2013
Berdasarkan data dihimpun dari hasil rekap suara sementara Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya hingga pukul 17.00 WIB, pasangan nomor urut 3, pasangan Abdul Rahman Puteh-Muhammad Yusuf Ibrahim dari Partai Amanat Nasional (PAN) unggul.

Berikut hasil perolehan ketiga pasangan calon:

1. Saiful Bahri dan Iqbal Idris, 6.365 suara atau 21 persen.
2. Aiyub Abbas/ Said Mulyadi, 11.828 suara atau 38 persen.
3. Abd Rahman Puteh dan M.Yusuf Ibrahim, 12.726 suara atau 41 suara.

Hasil di atas didapat dari total suara yang masuk 30.919 suara. hingga pukul 17.00 WIB,
Sampai saat ini perhitungan masih terus berlanjut di delapan Kecamatan, oleh karena itu hasil perhitungan suara ini masih bersifat sementara.

Ketua KIP Pidie Jaya, Musman mengatakan, pihaknya masih terus merekap suara dari kecamatan. "Kami belum bisa merilis data resmi karena tim kami masih terus menunggu data masuk dari sejumlah kecamatan," katanya kepada wartawan, Selasa (29/10/2013).

Menurutnya petugas pemilihan kecamatan diberikan waktu selama tiga hari untuk merekap hasil pemilihan. Kemudian KIP merekap semua hasil yang masuk selama tiga hari berikutnya, sebelum ditetapkan pemenang dalam rapat pleno.

"KIP akan menggelar rapat pleno pada 4 November," ujar Musman.


Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya menetapkan jumlah warga Pidie Jaya yang memiliki hak pilih pada Pilkada 2013 sebanyak 102.425 jiwa. Demikian hasil pleno KIP Pijay terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Bupati/Wakil Bupati periode 2014-2019, yang berlangsung Senin (16/9) petang.

Ketua KIP Pidie Jaya, Musman SH kepada Serambi Selasa (17/9) mengatakan, rapat pleno terbuka penetapan DPT pemilih pilkada tahun ini dihadiri perwakilan tiga pasangan calon, panitia pemilhan kecamatan (PPK), perwakilan parpol, serta  dari Kesbanglinmas.

Musman yang didampingi empat komisioner KIP setempat, Cut Nur Azizah SE, Firmansyah SSos, Abdullah SH, dan It T Barzaini, menyebutkan, perempuan masih mendominasi dengan jumlah 53.092 pemilih, dan kaum pria sebanyak 49.333 jiwa.