Profil Tokoh-Tokoh yang Digadang-gadang Maju ke Pilgub Jabar 2018

Setelah usai digelar Pilkada serentak 2017 di 101 daerah di Indonesia, berlanjut ke Pilkada serentak 2018. Jawa Barat adalalah salah satu daerah yang akan menggelar pemilihan Gubernur dan Wakilnya di tahun tersebut. Sejumlah nama digadang-gadang akan maju mencalonkan diri menjadi kepala daerah Tanah Pasundan.

Dirangkum VIVA.co.id, Rabu, 22 Maret, sebagian dari nama yang digadang-gadang ini, menyatakan siap untuk maju. Nama-nama ini tak akan jauh dari penjaringan yang akan dilakukan 10 parpol yang punya kursi di Jawa Barat. Ada juga partai yang sudah mengusung salah seorang nama seperti Ridwan Kamil oleh Nasdem.


Berikut nama yang digadang-gadang akan maju ke Pilgub Jawa Barat 2018:


Ridwan Kamil

Ridwan Kamil
Mochamad Ridwan Kamil, S.T, M.U.D (lahir di Bandung, Jawa Barat, 4 Oktober 1971; umur 45 tahun) adalah Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Sebelum menjadi pejabat publik, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini memiliki karier sebagai seorang arsitek dan dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung. Emil merupakan putra dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih. Pada tahun 2013 Emil yang dari kalangan profesional dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra sebagai wali kota Bandung dengan didampingi oleh Oded Muhammad Danial sebagai calon wakil wali kota. Dalam Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung pada 28 Juni 2013, pasangan ini unggul telak dari tujuh pasangan lainnya dengan meraih 45,24% suara sehingga Pasangan Ridwan Kamil dan Oded Muhammad Danial ditetapkan menjadi pemenang dalam Pemilihan umum Wali Kota Bandung 2013.

Walikota Bandung yang akrab disapa Kang Emil ini bisa dikatakan yang paling menyedot perhatian publik setelah diusung Nasdem, Minggu, 19 Maret. Kiprahnya selama memimpin Bandung dinilai Nasdem berhasil dan menjadi alasan partai pimpinan Surya Paloh itu mengusung pria berlatar belakang arsitek tersebut.

Saat deklarasi Nasdem, Ridwan lantas berterima kasih kepada Nasdem yang telah memberikan dukungan untuk maju.


Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi
H. Dedi Mulyadi, S.H. (lahir di Sukasari, Subang, 11 April 1971) adalah Bupati Purwakarta petahana. Ia dilantik pada tanggal 13 Maret 2008. Sebelum jadi Bupati, Dedi Mulyadi menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Purwakarta dan menjadi Wakil Bupati Purwakarta pada periode (2003-2008) bersama Lily Hambali Hasan. Pada Pilkada 2013, Dedi Mulyadi terpilih kembali menjadi Bupati Purwakarta untuk periode 2013-2018 berpasangan dengan Dadan Koswara.

Pada 23 April 2016, Dedi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Periode 2016 - 2020 menggantikan Irianto MS Syafiuddin atau biasa yang dikenal dengan nama Yance.

Dedi Mulyadi yang biasa memakai iket di kepala ini sudah lama diisukan bakal maju ke Pilkada Jawa Barat. Apalagi, setelah didapuk menjadi Ketua DPD Golkar Jawa Barat.


Desy Ratnasari

Desy Ratnasari
Desy Ratnasari (lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 12 Desember 1973 merupakan aktris film dan sinetron, model, bintang iklan, penyanyi, dan pembawa acara papan atas Indonesia. Ia sekarang Anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang disiapkan ke Pilkada Jawa Barat 2018. Mantan aktris ini dianggap PAN sebagai kader yang mumpuni dan punya basis loyal di Jawa Barat.


Primus Yustisio

PrimusYustisio
Primus Yustisio (lahir di Jakarta, 17 Agustus 1977) adalah aktor dan politikus berkebangsaan Indonesia. Ia mulai dikenal saat membintangi sinetron Cinta. Ia adalah Anggota Komisi VI DPR dari PAN - Jawa Barat V yang menengani Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM dan BUMN, Standarisasi Nasional.

Nama Primus Yustisio tetap menjadi salah satu andalan PAN untuk menarik basis massa. Anggota Komisi VI DPR ini masuk pertimbangan PAN untuk diusung ke Pilkada Jawa Barat selain Desy Ratnasari dan Bima Arya.

Kapasitas Primus yang  menjadi anggota DPR selama dua periode menjadi acuan. Wakil rakyat dari daerah pemilihan V Kabupaten Bogor ini juga dianggap punya basis massa.


Deddy Mizwar

Deddy Mizwar
H. Deddy Mizwar (lahir di Jakarta, Indonesia , 5 Maret 1955) adalah Wakil Gubernur Jawa Barat sejak 13 Juni 2013. Ia juga merupakan seorang aktor senior dan sutradara Indonesia. Ia pernah menjadi Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional periode 2006-2009. Deddy Mizwar merupakan politikus dari jalur independen yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera. Pada Pilkada Jawa Barat 2013, dia terpilih sebagai wakil gubernur mendampingi Ahmad Heryawan.

Deddy Mizwar juga disebut akan maju ke Pilkada Jawa Barat. Di beberapa kesempatan, Deddy mengisyaratkan kesiapannya untuk maju. Ia mengatakan sudah bertemu dengan beberapa pimpinan parpol seperti Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Berpengalaman menjabat wakil gubernur selama satu periode, pria yang berprofesi sebagai aktor ini siap bersaing maju ke Pilgub Jabar. Diharapkan persaingan menuju ajang Pilkada Jabar dilakukan dengan cara elegan.


Netty Prasetyani Heryawan

Netty Prasetyani Heryawan
Dr. Hj. Netty Prasetiyani Heryawan (lahir di Pacitan, 15 Oktober 1969) adalah seorang aktivis Indonesia yang merupakan istri Gubernur Jawa Barat periode 2008-2018, Ahmad Heryawan. Sebagaimana suaminya, ia adalah kader Partai Keadilan Sejahtera.

Nama Netty mencuat karena disebut siap maju ke Pilkada Jawa Barat 2018. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan akan memprioritaskan kadernya untuk maju. Apalagi Jawa Barat memiliki basis massa PKS. Netti sendiri santai menanggapi isu kesiapannya maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018. Alasannya, karena tahapan Pilgub Jabar masih lama dan belum dimulai.


Dede Yusuf

Dede yusuf
Dede Yusuf Macan Effendi, ST (lahir di Jakarta, 14 September 1966) atau lebih dikenal dengan nama Dede Yusuf adalah Ketua Komisi IX (Tenaga Kerja, Kependudukan, Kesehatan) DPR RI periode 2014-019. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat sejak 13 Juni 2008 hingga 13 Juni 2013. Ia juga seorang aktor Indonesia yang terkenal akan film-film laganya. Dede pernah menjadi salah seorang anggota DPR dari PAN periode 2004-2009. Ia pindah partai dari PAN ke Partai Demokrat pada tahun 2013. Pada pesta Demokrasi Pemilukada Gubernur Jawa Barat 2013, ia memutuskan untuk mencalonkan diri menjadi Gubernur berpasangan dengan Sekretaris Daerah Jawa Barat Lex Laksamana di nomor urut 3.

Nama Dede Yusuf masuk bursa nama yang akan maju ke Pilgub Jabar. Berpengalaman sebagai wakil gubernur selama satu periode, jadi keunggulan pria berusia 50 tahun. Apalagi, Dede memiliki mesin parpol Demokrat yang siap mendukung untuk maju. Namun, sejauh ini, belum ada kata siap dari mantan aktor ini.


Bima Arya

Bima AryaDr. Bima Arya Sugiarto (lahir di Bogor, Jawa Barat, 17 Desember 1972) adalah seorang politisi Indonesia. Bima adalah wali kota Bogor periode 2014-2019.

Bima lahir di Bogor pada 17 Desember 1972. Bima merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Dia merupakan putra dari Toni Sugiarto, seorang pewira polisi. Bima menamatkan pendidikan SD di SDN Polisi IV, SMP di SMPN 1 Bogor, SMA di SMAN 1 Bogor. Selanjutnya Bima lulus kuliah di Universitas Parahyangan dengan gelar sarjana hubungan internasional. Bima lalu melanjutkan studinya di Monash University di Melbourne, Australia; dan Australian National University di Canberra, Australia.

Bima Arya dinilai punya kapasitas untuk maju ke Pilkada Jawa Barat. Ia dianggap berhasil oleh partainya selama memimpin kota Bogor. PAN tak sungkan menyebut Bima sebagai kepala daerah yang fokus dan bertanggungjawab di daerahnya.