Pileg 2014 Di luar negeri Dilakukan Lebih Awal

kotak suara 2014
Pemilu legislatif 2014 telah dilaksanakan beberapa hari sebelum pemungutan suara yang akan dilaksanakan di Indonesia yakni pada rabu 9 April 2014. Panitia Pemilihan Luar Negri telah melaksanakan pemungutan suara di beberapa negara diantarantya  Amerika Serikat, Belanda, Vietnam, Finlandia dan Estonia.

Amerika Serikat

Sebanyak 4.538 warga negara Indonesia menggunakan hak pilihnya dalam pemilu legislatif di KJRI Houston, Amerika Serikat. Dari jumlah itu, 784 pemilih datang langsung ke TPS dan 3.764 pemilih menggunakan jasa pos.

KJRI Houston sudah menggelar dan membuka Tempat Pemungutan Suara (TPS) sejak 5 April Lalu. Hingga saat ini sudah 253 warga yang menggunakan hak pilihnya untuk memilih wakil mereka di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) KJRI Houston membuka 1 buah TPS untuk mengakomodir 784 orang calon pemilih langsung. Sementara sekitar 3754 orang calon pemilih lainnya akan melakukan pemungutan suara melalui pos.

Belanda

Tercatat sebanyak 1092 masyarakat Indonesia yang ada di Belanda menyalurkan aspirasi politiknya dalam kegiatan pemungutan suara secara langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Den Haag, Sabtu.

Pemungutan suara dimulai tepat pada jam 10:00 dan diakhiri pada jam 17:00 waktu setempat pemilih antusias mengikuti kegiatan pendafataran, mencoblos di bilik suara, memasukkan kertas suara di kotak suara dan mencelupkan salah satu jarinya pada tinta pemilu, sebagai tanda telah memberikan suara di TPS Den Haag.

Penghitungan suara hasil TPS (pemungutan suara langsung) akan dilaksanakan pada tanggal 9 April mendatang di KBRI Den Haag, sementara penghitungan suara dari pos akan berlangsung pada tanggal 15 April. (ZG)

Vietnam

Sebanyak 148 warga negara Indonesia di Hanoi, Vietnam, menggunakan hak suaranya pada pemilu legislatif di TPS LN KBRI Hanoi hari Minggu (6/4/2014). Dari 219 orang yang masuk daftar pemilih tetap, 126 orang di antaranya langsung datang ke TPS LN.

Jumlah pemilih yang memilih melalui pos sebanyak 21 orang dan melalui drop box, 1 orang. Dengan demikian, tingkat partisipasi masyarakat Indonesia di Hanoi dan sekitarnya mencapai 67,57%.

Pemungutan suara dimulai dari pukul 09.00 dan berakhir pukul 16.30 waktu setempat. Dua hari sebelum pemilu, tujuh anggota PPLN dan lima anggota Kelompok Penyelenggara Pemilihan Luar Negeri (KPPSLN) mempersiapkan tempat yang dijadikan TPS.

Penghitungan suara TPSLN Hanoi direncanakan dilakukan pada Rabu 9 April pukul 12.00 waktu setempat.

Finlandia dan Estonia

Dari 357 orang pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang disusun Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) untuk wilayah Finlandia dan Estonia, sebanyak 132 orang menyatakan memilih langsung di TPS, sedangkan sisanya sejumlah 225 melalui pos.

Dari jumlah tersebut sebanyak 119 orang atau 90 persen dari jumlah yang menyatakan akan memilih langsung telah datang untuk memberikan suaranya di TPS 01 Helsinki pada hari pencoblosan, termasuk Dubes RI Helsinki beserta keluarga. Para pemilih datang mengantri untuk memberikan suaranya sejak pagi hari pkl. 10 waktu setempat.

Mereka datang tidak hanya dari wilayah Helsinki tetapi juga dari kota-kota lain di Finlandia yang jaraknya 150-200 km di luar Helsinki yakni dari kota Turku, Tampere dan sekitarnya.

Pileg di Helsinki, juga dimeriahkan dengan penyelenggaraan kegiatan Bazar makanan tradisional Indonesia, lomba anak-anak dan pemutaran film Indonesia yang diadakan oleh organisasi Diaspora Indonesia di Finlandia-Estonia.

Selain itu juga terdapat door prize yang merupakan sumbangan dari berbagai kalangan masyarakat di Finlandia bagi para pengunjung dan keluarga yang hadir pada saat hari pencoblosan. (antaranews.com, detik.com)