Pemilukada Padang Panjang 2013

Logo/Lambang Padang Panjang Sumatera Barat
Pelaksanaan Pemilukada Padang Panjang 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juli, Pilkada tersebut diikuti oleh lima pasang calon. Kelima pasangan calon yang ditetapkan oleh KPU Kota Padangpanjang pada tanggal 10 Mei adalah: (1) Yusyafnita-Yuheldi, (2) Sony Jendrizal Idroes-Aldia Sastra, (3) Edwin-Eko Furqani, (4) Jon Enardi-Yurnalisman Syam; dan (5) Hendri Arnis-Mawardi Samah. Terdapat sebanyak 33.161 pemilih yang terdaftar  yang akan memilih mereka.

Seluruh pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Padangpanjang, Sumatera Barat, periode 2013 - 2018 menyepakati pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah pada 4 Juli berjalan damai, aman lancar dan berkualitas. "Lima pasangan calon kepala daerah yang ada di Padangpanjang sudah sepakat pelaksanaan Pemilukada damai, aman, lancar, berkualitas dan menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa," kata Ketua KPU Kota Padangpanjang Sudriman di Padangpanjang, Rabu.

Pembubuhan tandatangan setiap pasangan calon kepala daerah, pemerintah kota dan Muspida pada kesepakatan itu adalah salah satu bukti bahwa mereka akan melaksanakan Pemilukada dengan damai. "Mudah-mudahan dengan komitmen ini Pemilukada di Padangpanjang bisa berjalan damai dan lancar," "Kondusifnya suasana pada pesta demokrasi tidak hanya dukungan dari aparat keamanan, namun peran serta masyarakat juga sangat menentukan kondisi itu," kata Sudirman. Pemilihan Umum baik itu kepala daerah maupun legislatif di Padangpanjang selama ini berjalan dengan aman dan lancar.

Pemilukada Kota Padangpanjang tinggal sebentar lagi. Dia berharap peran serta masyarakat dalam mempergunakan hak pilinya bisa meningkat. "Kita berharap partisipasi masyarakat dalam mempergunakan hak pilihnya bisa menigkat," ujarnya. KPU Kota Padangpanjang memberikan waktu untuk kampanye baik itu rapat tertutup maupun rapat terbuka 14 hari sebelum hari H pencoblosan. "Kepada pasangan calon bisa memanfaatkan waktu itu dengan maksimal, dan tidak dibenarkan kampanye diluar jadwal yang sudah ditentukan," kata dia.

Partai Amanat Nasional yang juga merupakanPartai mayoritas di DPRD Padangpanjang, mengusung wakil wali kota sekarang. Edwin, seorang pejabat pemerintah, dipasangan dengan dengan Eko Furqan, ketua PAN Padangpanjang yang juga wakil ketua DPRD. Partai Golkar duet dengan PKS, PKB, dan PBB mengusung Hendri Arnis sebagai calon wali kota. Hendri, seorang pengusaha muda kelahiran 1977 anak pengusaha tokoh emas terkenal di Sumatera Barat, Toko Emas Murni.

Wakil bupati Tanah Datar untuk periode 2010-2015 Saat ini masih dijabat oleh Hendri. Hendri duet dengan dokter Mawardi Samah, kepala dinas kesehatan kota. Gerindra dan PDI Perjuangan mengusung Jon Enardi-Yurnalisman Syam. Yurnalisman adalah ketua Gerindra Padangpanjang. Ia adik dari wali kota sekarang yang juga ketua Gerindra Provinsi Sumatera Barat, Syuir Syam. Jon Enardi adalah seorang pengacara di Jakarta asal Padangpanjang.

Tetapi di lain pihak, Partai Demokrat yang bisa mencalokan sendiri urung mengusung ketuanya, Orba, karena hasil survei elektabilitas tentang dirinya yang terus menurun. Akhirnya Demokrat mengusung seorang pengusaha di Jakarta asal Padangpanjang, Sony Jendrizal Idroes berduet dengan tokoh lokal Aldias Sastra. Pasangan lain Yusyafnita-Yuheldi diusung PPP dan gabungan 11 partai tidak berkursi di DPRD. - Hasil Quick Count Pilkada -