PILKADA KOTA BANDUNG-PASANGAN CALON WALIKOTA

Logo Kota Bandung
Pelaksanaan Pikada Kota Bandung dilaksanakan hari senin 23 Juni 2013 di 4.119 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan disebar di 30 kecamatan di Kota Bandung, Sedangkan jumlah pemilih berdasarkan hasil rekapitulasi terakhir adalah 1.658.808 hak pilih. Tapi jika dibanding dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bandung pada Pilkada Jawa Barat adalah menurun dimana saat itu DPT sebanyak 1.703.409 hak pilih. Dari jumlah hak pilih yang telah terdaftar yakni pemilih pria sebanyak 830.221 orang dan pemilih perempuan 828.587 orang.

Tahapan kampanye dimulai pada tanggal 6 Juni 2013 selama dua mingu. Jumlah kandidat sebanyak delapan pasangan calon yaitu empat pasangan dari jalur perseorangan dan empat pasangan kandidat lainnya dari partai politik. Empat dari jalur parpol yaitu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Edi Siswadi - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Erwan Setiawan. Edi Sis - Erwan Setiawan diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan, serta lima parpol non parlemen.

Kedua, Wakil Wali Kota Bandung petahana Ayi Vivananda yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan berpasangan dengan istri Wali Kota Bandung Dada Rosada, yakni Nani Suryani Rosada yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN). Ketiga, ahli tata kota yang notabandnya arsitek, Ridwan Kamil yang diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berpasangan dengan anggota DPRD Kota Bandung, Oded M. Danial yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Keempat, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, M. Qudrat Iswara yang berpasangan dengan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Asep Dedy Ruyadi yang diusung Partai Golkar serta PDS dan 15 parpol non parlemen. Sementara untuk kelompok jalur perseorangan, ada Budi Setiawan (Budi Dalton) - Rizal Firdaus, Wawan Dewanta - M Sayogo, Bambang Setiadi-Alex Tahsin, dan Wahyudin Karnadiata-Tony Apriliani.

#Untuk Hasil Quick Count Pemilukada Kota Bandung - Klik Lihat Disini : Hasil Quick Count Pemilukada Kota Bandung

Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung, Rabu 8 Mei 2013 mengumumkan hasil pengundian nomor urut delapan pasang kandidat Wali Kota-wakil wali kota Bandung di Grand Pasundan Hotel, Jalan Peta, Bandung. Empat kandidat jalur partai politik dan empat kandidat jalur independen, hadir pada acara yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung ini.

Nomor urut pertama jatuh pada pasangan Edi Siswadi-Erwan Setiawan, "Mudah-mudahan kami jadi yang pertama, sesuai dengan nomor urut" kata Edi, yang didampingi ayahnya Umuh Muchtar. Pasangan ini diusung oleh beberapa partai, antara lain Partai Demokrat, Hanura, PBB dan PPP. Sedangkan pasangannya, Erwan Setiawan, kini masih menjabat sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung.

Di nomor urut kedua, jatuh pada pasangan non partai, Wahyudin-Tonny Aprilani, "Angka dua berarti Peace (Damai)," kata Wahyudin. Dirinya sempat menjadi Kasgartap II Kota Bandung. Sedangkan pendampingnya Tonny Aprilani, sempat menjabat sebagai Ketua PSSI Jawa Barat. Nomor urut tiga berada pada pasangan Wawan Dewanta - M Sayogo, "Tidak ada keinginan menjadi nomor urut ketiga" kata Wawan. Dirinya mengatakkan bahwa semua nomor sama saja, menurutnya nomor urut juga tidak akan menentukkan hasil akhir.

Sedangkan pasangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial, pasangan yang diusung oleh PKS dan Gerindra, jatuh pada urutan ke empat pada pilwalkot ini. Setelah acara berakhir, pasangan ini segera menyambut pendukungnya yang berjubel di luar gedung, lalu pulang. Pasangan yang diusung oleh PDIP dan PAN, Ayi Vivananda dan Nani Suryani, berada di nomor urut ke lima. "Semua nomor itu baik, saya tidak berharap nomor berapapun" kata Ayi, yang kini masih menjabat sebagai wakil Wali Kota Bandung.

Sedangkan, pasangan Ayi, Ani Suryani adalah isteri dari Wali Kota Bandung Dada Rosada. MA Iswara yang berpasangan dengan Asep Dedy, jatuh pada nomor urut enam. "Ini nomor yang baik, mengingatkan kita pada rukun Islam yang jumlahnya enam" ujar Iswara. Pasangan ini diusung oleh beberapa partai, salah satunya yaitu Partai Golkar. "Kita terima nomor berapapun" kata Budi Setiawan, Calon Wali Kota yang berpasangan dengan Rizal Firdaus. Pasangan dari jalur independen itu mendapatkan nomor urut ketujuh.

Di nomor urut terakhir ditempati pasangan Bambang Setidadi-Alex Tahsin. Bambang mengatakkan, semua pasangan menginginkan nomor miliknya, "Ini nomor keberuntungan, angka delapan adalah simbol keterikatan, karena ini angka yang tidak putus" kata Bambang, ketika ditanya mengenai hasil pengundian KPU ini. Bambang adalah seorang pengusaha yang bergerak dibeberapa bidang, salah satunya bidang kuliner.

Ketua KPU Kota Bandung Apipudin, menjelaskan bahwa selanjutnya KPU Kota Bandung akan melakukan sosialisai kepada masyarakat Bandung sampai dengan tanggal 6 Juni 2013. Semua kandidat mendapatkan waktu kampanye pada 6 sampai 19 Juni 2013. Target partisipasi masyarakat pada Pilwalkot Bandung ini diatas 70 persen. Ratusan orang pendukung tiap kandidat juga, ikut ramaikan acara pengundian dan pengumuman nomor urut calon Wali Kota Bandung ini.

- #Untuk Hasil Quick Count Pemilukada Kota Bandung - Klik Lihat Disini : Hasil Quick Count Pemilukada Kota Bandung