Hasil Quick Count Pilbup Sukoharjo 2015

Lambang/ logo kabupaten Sukoharjo
(Baca Juga : "Hasil Quick Count Pilbup Kabupaten Sukoharjo 9 Desember 2020"

Hari ini, Rabu 9 Desember 2015 digelar pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di Kabupaten Sukoharjo untuk memilih pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati periode lima tahun ke depan.

Penghitungan suara manual oleh KPU diawali pada tempat pemungutan suara (TPS). Perhitungan tersebut dilakukan oleh KPPS setelah pemilih selesai melakukan pencoblosan.

Hasil hitung tersebut selanjutnya akan dilaporkan ke tingkat PPS di KPUD untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara. Hasil inilah yang nantinya akan menentukan pasangan mana yang unggul dan menjadi pemenang untuk duduk di kursi tertinggi di daerah ini.

KPU memperbolehkan Lembaga atau pihak ketiga melakukan quick count pilkada di 21 kabupaten/kota Jawa Tengah, tapi sebelumnya harus lapor ke KPU. Bila lembaga tersebut mempunyai kepengurusan di tingkat pusat, maka laporan ke KPU pusat dengan tembusan ke KPU provinsi dan kabupaten/kota.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah melarang 21 KPU di kabupaten dan kota untuk menggelar hitung cepat dalam pemilihan umum kepala daerah serentak tahun 2015.

Kendati tidak melakukan hitung cepat, KPU tetap menghitung hasil sementara melalui rekapitulasi dini sebagai alat kontrol di internal KPU. Rekap dini berbeda dengan hitung cepat karena sumbernya langsung PPS maupun KPPS dari semua tempat pemungutan suara.


Berikut ini Hasil perolehan suara calon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Sukoharjo 2015:

Real Count KPU berdasarkan Hasil Hitung TPS (Form C1) Kabupaten Sukoharjo. Data Masuk: 100% (1.353 dari 1.353 TPS)
  1. H. Wardoyo Wijaya, SH, MH dan Purwadi, SE, MM. Perolehan : 355438 Suara (85,20%)
  2. H. Nurdin, SH, MM dan Anis Mudhakir, SIP. Perolehan : 61761 Suara (14,80%)