Hasil Quick Count Pilbup Bangka Barat 2015


Kabupaten Bangka Barat adalah salah satu daerah di Prov. Kep. Bangka Belitung yang ikut dalam gelaran Pilkada serentak hari ini, Rabu 9 Desember 2015. Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) ini digelar untuk memilih pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati untuk periode lima tahun ke depan.

Penghitungan suara manual oleh KPU diawali pada tempat pemungutan suara (TPS). Perhitungan tersebut dilakukan oleh KPPS setelah pemilih selesai melakukan pencoblosan.

Hasil hitung tersebut selanjutnya akan dilaporkan ke tingkat PPS di KPUD untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara. Hasil inilah yang nantinya akan menentukan pasangan mana yang unggul dan menjadi pemenang untuk duduk di kursi tertinggi di daerah ini.

Sementara itu, ada pula pihak lain yang melakukan hitungan, seperti pihak independen atau dari pasangan cagub itu sendiri. Metode yang digunakan adalah hitung cepat / quick count ataupun real count  dengan mengambil contoh hasil penghitungan surat suara di beberapa TPS. Biasanya hasil persentase tidak jauh dengan hasil hitung manual KPU. Namun demikian hasil KPU-lah yang dianggap sah oleh KPU.


Berikut ini Hasil perolehan suara calon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Bangka Barat (Babar) 2015:

Quick count yang digelar Poltracking Indonesia. Data terkumpul 100% di seluruh kabupaten yang menggelar Pilkada di Bangka Belitung. Tingkat kesalahan +/-2 % dengan tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian pada kenyataan sebenarnya hasil quick count ini dapat bergeser ke atas atau ke bawah sebesar 2 %.
  1. H. Sukirman, SH dan Safri, SE. Memperoleh: 35,98 persen suara
  2. Drs. H. Parhan Ali, MM dan Markus, SH. Memperoleh: 34,08 persen suara
  3. Ust. H. Zuhri M. Syazali, Lc., MA  dan  H. Saiful Fakah, S. Pd.. Memperoleh:29,94 persen suara.
Real Count KPU berdasarkan Hasil Hitung TPS (Form C1) Kabupaten Bangka Barat. Data Masuk: 100% (355 dari 355 TPS)
  1. H. Sukirman, SH dan Safri, SE. Perolehan : 29040 Suara (35,13%)
  2. Drs. H. Parhan Ali, MM dan Markus, SH. Perolehan : 29290 Suara (35,43%)
  3. Ust. H. Zuhri M. Syazali, Lc., MA dan H. Syaiful Fakah, S.Pd. I. Perolehan : 24331 Suara (29,43%)