Dua pasang Bakal Cagub-Cawagub Bertarung di Pilkada Sumatera Barat

lambang Sumatera BaratKomisi Pemilihan Umum Sumatera Barat sudah menutup pendaftaran pada Selasa, 28 Juli 2015, pukul 16.00 WIB.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sumatera Barat untuk pemilihan calon Gubernur dan wakil gubernur akan digelar 9 desember 2015 nanti kan diikuti oleh dua pasang calon. mereka adalah paslon Irwan Prayitno-Nasrul Abit dan Muslim Kasim-Fauzi Bahar.


Irwan Prayitno-Nasrul Abit

Irwan Prayitno merupakan Gubernur yang masih menjabat. Pada periode ini, Irwan hanya diusung Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra. Mereka mendapatkan 13 kursi dari DPRD Sumatera Barat.

Sementar Nasrul Abit, dua periode menjabat Bupati Pesisir Selatan. Mereka telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat Senin 27 Juli 2015.


Muslim Kasim-Fauzi Bahar

Muslim Kasim merupakan Wakil Gubernur, Muslim Kasim yang ingin naik kelas sebagai gubernur Sumatera Barat, menggandeng Fauzi Bahar, mantan Wali Kota Padang dua periode. Pendaftara mereka  juga telah diterima KPU Sumatera Barat Selasa.

Muslim diusung empat partai, yaitu Nasdem, PDI Perjuangan, PAN dan Hanura. Mereka mendapatkan 23 kursi. Pasangan ini juga didukung lima partai lainnya, yaitu Partai Golkar, Demokrat, PKB, PPP dan PBB.