Profil Cagub Independen Pilkada Serentak 2015 Provinsi Bengkulu

lambang Provinsi Bengkulu
Ferry Kurnia Rizkiyansyah selakub Komisioner Komisi Pemilihan Umum mengatakan bahwa di Bengkulu terdapat calon independen tingkat provinsi.

Menurut Ferry, calon perseorangan di Bengkulu telah menyerahkan syarat dukungannya ke KPU di tingkat provinsi dan dinyatakan cukup.

Pasangan ini telah menyerahkan dukungan sebanyak 200.000 fotokopi KTP ke KPU. Ratusan ribu fotokopi KTP itu diperoleh dari 10 kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu. Adapun syarat minimal calon independen Pilgub Bengkulu sekitar 192.000 fotokopi KTP. “Sengaja kami lebihkan berkas dukungan dari 192 ribu sesuai persyaratan KPU,” kata Ichwan.

Menurut Ichwan, dukungan dilebihkan hingga 200 fotokopi KTP untuk berjaga-jaga ketika diverifikasi dan ada dukungan ganda dari bakal calon lain (balon), bisa ditutupi oleh sisa dukungan yang mencapai 8 ribu fotocopy KTP.

Berikut ini kedua pasang balon gubernur independen dari Bengkulu tersebur:

Ichwan Yunus: 

Ichwan adalah Bupati Kabupaten Mukomuko  periode 2015-2020. Ia terkenal dengan penolakan jatah beras raskin karena dianggap tak layak untuk rakyatnya. Pria berusia 74 tahun itu sudah sejak tahun 2014 mengincar posisi calon Gubernur Bengkulu dari jalur independen.


Rahmat Elvi:

Rahmat Evi adalah tentara angkatan udara berpangkat mayor. Namun menurut Rahmat, pencalonannya sudah mendapat izin dari Panglima TNI Moeldoko. “Sesuai ketentuan Panglima TNI pada Januari 2014, untuk TNI harus mengundurkan diri dari jabatannya dan bukan kesatuan TNI. Namun apabila terpilih harus mengundurkan diri,” kata Rahmat yang menjabat sebagai Kepala Seksi Perjalanan Dinas di Mabes TNI Angkatan Udara. Sumber: liputan6