Pilkada Serentak di Jabar Akan diikuti Delapan Daerah

logo / lambang Propinsi Jawa Barat
Pada Pelaksaaan Pilkada serentak yang akan digelar bulan desember 2015, di Propinsi Jawa barat akan diikuti oleh delapan daerah.

Delapan Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang siap menggelar pesta demokrasi  tersebut adalah:
  1. Kabupaten Bandung
  2. Kabupaten Cianjur 
  3. Kota Depok
  4. Kabupaten Indramayu
  5. Kabupaten Karawang
  6. Kabupaten Pangandaran
  7. Kabupaten Sukabumi
  8. Kabupaten Tasikmalaya.
Seperti yang dilansir jabar.tribunnews.com, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat di Bandung, Kamis (19/2) mengatakan bahwa ada delapan daerah di Jabar yang akan menggelar Pilkada serentak, waktunya sudah dipastikan Desember, tetapi tanggalnya belum ditentukan.

Yayat mengatakan pelaksanaan Pilkada Serentak tersebut telah sesuai dengan Perpu Nomor 1 Tahun 2014 dimana Kemendagri mencatat 280 kepala daerah se-Indonesia menggelar Pilkada langsung. Dari delapan daerah yang sudah siap menggelar pemilihan langsung, lima daerah yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran masa jabatan pemimpinnya habis pada 2015 ini. Sedangkan Kota Depok, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya masa jabatan pemimpinnya berakhir pada semester pertama 2016 mendatang.

Yayat Hidayat juga mengatakan bahwa hal itu tidak masalah. Sesuai Pasal 201 Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 disebutkan pemungutan suara yang digelar Desember tahun ini memang dilakukan untuk pemerintah yang masa jabatannya habis pada 2015 dan semester awal 2016. (Sumber:  jabar.tribunnews.com)