Jelang Pilkada Serentak 2015, KPU Kotim Mulai Mempersiapkan diri

Jelang Pilkada Serentak 2015, KPU Kotim Mulai Mempersiapkan diri
Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Waringin Timur (Kotim) tahun 2015 yang akan datang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mulai melakukan persiapan. Saat ini sejumlah figur sudah digadang-gadang untuk maju dalam pemilihan bupati (Pilbup), termasuk pasangan H Supian Hadi dan HM Taufik Mukri.

Sampai kini untuk daftar pemilih tetap (DPT) belum ditetapkan, namun untuk persiapan administrasi sudah berjalan, sehingga pada saatnya nanti tidak ada kendala. Bahkan untuk partai yang akan mengajukan calonnya juga sudah dilakukan pendataan, sehingga mana saja yang bisa mengajukan.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kotim tahun 2015 bersamaan dengan pemilihan Gubernur Kalteng, meski demikian namun pihak KPU Kotim akan melakukan peluncuran dan turun ke lapangan untuk membentuk KPPS pada bulan Oktober 2014. Nantinya  juga akan dilakukan berbagai macam kegiatan hingga pelantikan, serta bimbingan teknis kepada para anggota. Sedangkan untuk partai pengusung akan disesuaikan dengan jumlah anggota dewan yang ada saat ini.

KPU Kotim menyatakan bahwa, partai yang bisa mengajukan adalah apabila memiliki 15 persen jumlah kursi yang ada di DPRD. Kalau dprediksi yang bisa mengusung adalah enam pasangan calon.

Sementara itu, bila ada calon perseorangan, ketentuannya adalah dilihat dari besaran penduduk Kotim. Minimal lima persen dari juumlah penduduk. Nantinya harus tersebar 50 persen dari kecamatan yang ada. Selain itu, juga untuk anggaran pelaksanaan sudah diajukan sebanyak Rp33 miliar hingga putaran kedua nantinya, saat ini masih  menunggu pembahasan di DPRD.