Pilkada Tana Toraja Akan digelar Tahun 2015

Pilkada Tana Toraja Akan digelar Tahun 2015
Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Tana Toraja yang dijadwalkan dihelat Juni 2015 sudah dipersiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja mulai tahun ini.

Pelaksanaan Pemilukada di Toraja dikarenakan masa jabatan bupati dan wakil bupati Tana Toraja periode 2010-2015 akan berakhir pada bulan September 2015 mendatang.

Oleh karena itu sebelum masa jabatan bupati dan wakil bupati berakhir, akan dilaksanakan pilkada untuk memilih pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk lima tahun ke depan.

KPU Provinsi pun telah memberitahukan kepada KPU Tana Toraja tentang pelaksanaan pilkada Kabupaten Tana Toraja yang dilaksanakan serentak dengan 10 kabupaten/kota lainnya di Sulsel yang direncanakan digelar Juni 2015 mendatang.

Apabila melihat pada pelaksanaan pilkada 2010 lalu, semestinya tahapan Pilkada Tana Toraja 2015 sudah dimulai pada bulan September 2014, namun karena masih banyak kesibukan pasca pelaksanaan Pilpres 2014 termasuk masih menunggu hasil gugatan Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK), maka tahapan Pilkada Tana Toraja baru akan dimulai antara November atau Desember 2014 mendatang.

Selain Tana Toraja, Toraja Utara pun akan menggelar pilkada tahun depan. Namun Pihak KPU Toraja Utara, hingga kini `belum bisa memastikan Pilkada Toraja Utara akan digelar serentak dengan 11 kabupaten/kota pada tahun 2015.

Pasalnya, kabupaten pemekaran Tana Toraja itu baru menggelar pilkada tahun 2011 lalu dan masa jabatan bupati dan wakil Toraja Utara saat ini baru akan berakhir Maret 2016.

Meski begitu, KPU Toraja Utara sudah mulai ancang-ancang menyusun besaran anggaran pelaksanaan Pilkada nantinya.