Persiapan perhitungan cepat pilpres oleh Bawaslu Sulbar

lambang - logo sulawesi barat
Saran untuk dibaca: "Hasil Quick Count Pilpres 9 Juli 2014"

Untuk mengetahui secara cepat hasil Pemilihan Presiden (pilpres) 2014 dan mencegah terjadinya kecurangan, Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Barat menyiapkan perhitungan cepat.

Seperti yang kami lansir dari antaranews.com, Ketua Bawaslu Sulbar, Busran Riandi di Mamuju pada Minggu 6/7 mengatakan, bahwa Bawaslu Sulbar akan menyiapkan perhitungan cepat pada pelaksanaan Pilpres 2014, untuk mengetahui hasil Pilpres di Sulbar secara cepat.

Bawaslu Sulbar melakukan perhitungan cepat Pilpres 2014, dengan menghitung hasil Pemilu pada seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Sulbar.

Petugas pengawas Pemilu dari enam Kabupaten di Sulbar telah disiapkan untuk menghitung cepat hasil Pilpres di Sulbar dari tingkat TPS.

Perhitungan cepat yang disediakan Bawaslu Sulbar tersebut akan menjadi alat pembanding setelah KPU Sulbar melakukan rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2014. Jadi perhitungan cepat yang akan dilakukan KPU Sulbar ini kami tegaskan bukan hasil Pilpres tetapi alat pembanding saja, untuk sekedar diketahui, dan merupakan perhitungan sementara saja.

Ketua Bawaslu tersebut menjelaskan perhitungan cepat tersebut akan merujuk pada formulir C1 yang ada di TPS, yang merupakan hasil Pilpres.

Menurutnya, bila ada sengketa Pilpres akan menggunakan formulir C1 untuk menjadi pembanding dan itu akan meminimalisir terjadinya kecurangan di Pilpres. (sumber: antaranews.com)