Home » » Hasil Quick Count Pilkada / Pilbup Taput Putaran Kedua

Hasil Quick Count Pilkada / Pilbup Taput Putaran Kedua

Written By muhamad nurdin fathurrohman on Thursday, March 6, 2014 | 8:42 AM

logo/lambang kabupaten Tapanuli Utara (Taput)
Lihat pula: "KPU Tetapkan Pasangan NIKMAT menangi pilbup Taput Putaran dua"

Hasil Quick Count Plkada / Pilbup Taput Putaran II - Penghitungan suara untuk pemilukada kabupaten Taput (Tapanuli Utara) putaran dua ini dimulai pada pukul 13.00 waktu setempat. perhitungan suara KPU diawali pada tingkat TPS, lalu akan dilanjutkan ke tingkat KPUD, puncaknya akan dilakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara (pleno) oleh KPUD beserta pihak-pihak terkait, hasil inilah yang dianggap sah oleh KPUD. Pemenang yang unggul adalah yang memiliki suara terbanyak dari saingan lainya.

Selain penghitungan oleh pihak KPU, dilakukan juga penghitungan oleh lembaga independen lain, yakni quick count / hitung cepat / real count. Hasil tersebut sebagai gambaran saja, meski demikian biasanya hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil KPU. berikut hasil perolehan suara dari masing masing pasangan calon bupati dan wakil bupati terbaru hari ini:

Hasil Quick Count Pikada / Pilbup Taput Putaran II 6 Maret 2014

Berdasarkan informasi diperoleh dari dua center pemenangan kandidat, pasangan Nikmat unggul telak di tiga kecamatan yakni, Kecamatan Siborongborong dengan perolehan suara 14.897, Kecamatan Tarutung 9.377 suara, dan Kecamatan Pangaribuan dengan perolehan suara sebanyak 6.188 suara. berikut hasil sementara kedua pasangan calon:
  • Saur Lumbantobing-Manerepa Manalu sementara memperoleh, 68.360 suara (46%)
  • Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir sementara memperoleh,74.941 suara  (54%).
Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Taput putaran kedua ini sebanyak 199.801, sedang jumlah TPS sebanyak 627 TPS.

Sementara, pada Pilkada Taput putaran pertama pasangan nomor urut 4 Saur Lumbantobing-Manerep Manalu, mendapat perolehan jumlah suara terbanyak, yaitu 39.484 (27,66 persen). Sedangkan perolehan suara terbanyak kedua adalah pasangan nomor utut 5, Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir, dengan jumlah suara 35.654 (24,98 persen).

Pada Pilkada Taput putaran pertama yang digelar Kamis (10/10/2013), persentasi pemilih sejumlah 72,03 persen. Sedangkan pada pemilihan Gubernur Sumatera Utara pada Kamis, 7 Maret 2013 yang lalu persentasi jumlah pemilih cuma sekitar 57 persen.

Artikel terkait: