Hasil Quick Count Pilkada Kolaka


logo kabupaten Kolaka

Hasil Quick Count Pilkada -Pada hari ini 20 Oktober 2013 dilaksanakan Pilkada kolaka, Hasil hitung cepat Pemilukada Kabupaten Kolaka untuk memilih calon bupati beserta wakilnya sangat ditunggu-tunggu oleh warganya, terdapat beberapa cara penghitungan yang dilakukan, dari mulai KPU yang melakukan penghitungan surat suara oleh KPPS, Real Count, Rekapitulasi, yang banyak dilakukan oleh lembaga independen sekelas LSI. Meski demikian rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KPUD lah yang dianggap sah oleh KPU. Berikut ini hasil perolehan suara terbaru hari ini pada Pilbup Kolaka oleh masing-masing Pasangan calon:


Hasil Quick Count Pilkada Kolaka
Hasil Quick Count pilkada/Hasil hitung cepat Konsultan Citra Indonesia (KCI) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara pada 20 oktober 2013 pasangan Ahmad Safei - Muh. Jayadin unggul dengan perolehan 42,43 persen Suara disusul dengan pasangan ASPIRASI kemudian pasangan HARUS selanjutnya pasangan BERIMAN dan pasangan yang berada di urutan terakhir adalah Farhat Abbas- Sabaruddin Labamba. berikut hasil keseluruhan pasangan calon:

1. Ahmad Safei - Muh. Jayadin. 42,43 % Suara.
2. (BERIMAN) Najmuddin Haruna- Rusman. 8,89 % Suara.
3. Farhat Abbas- Sabaruddin Labamba. 3,53 % Suara.
4. (HARUS) Harun Rahim - Rustam Petta Nyalla. 11,35 % Suara.
5. (ASPIRASI) Amir Sahaka-Parmin. 33,80 % Suara. 

Barkah Pattimahu, Director Konsultan Citra Indonesia mengatakan, hasil perhitungan cepat yang selama ini lembaga lakukan belum ada yang meleset. Margin of error kurang lebih satu persen. Tidak pernah berbeda dengan hasil KPU.

Dalam melakukan hitung cepat, KCI mengambil sampel di 250 TPS dari 814 TPS se-Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Kolaka Timur.

Sebelumnya, daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 242.034 jiwa menurut ketetapan hasil rapat pleno KPU Kolaka. Syahlan Launu (Anggota KPU Kolaka) mengatakan, Jumlah pemilih tersebut terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 123.826 orang dan perempuan 118.217 pemilih, yang tersebar di Kolaka dan Kolaka Timur.

Jumlah pemilih terbanyak dalam DPT tersebut tersebar di kecamatan Kolaka berkisar 29.460 jiwa, kecamatan Pomalaa 22.678 jiwa, Latambaga 22.354 jiwa, dan kecamatan Lalolae yang berada di Kabupaten kolaka Timur sebanyak 2.454 jiwa.

Syahlam mengatakan pihak KPU terlah menyiapkan793 tempat pemungutan suara (TPS), jumlah TPS terbanyak di kecamatan Kolaka sebanyak 78 TPS, Latambaga 63 TPS, dan Lambandia 75 TPS. Sedangkan di kecamatan lainnya hanya memiliki jumlah di bawah 50 TPS dan kecamatan Lalolae yang paling sedikit hanya memiliki 9 TPS. -Hasil Quick Count PIlkada-