Nomor Urut Pasangan Calon Wali Kota Makassar 2013

logo lambang Kota Makassar
Pada hari Kamis (25/7/2013) bertempat di gedung PKK, Jalan Anggrek Raya nomor 1, Kota Makassar, KPUD Kota Makassar telah menetapkan nomor urut untuk 10 pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar untuk pelaksanaan pemilu kada (Pilkada) yang rencananya akan dilaksanakan pada 18 September 2013 mendatang.

Acara pengundian nomor urut pasangan calon dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama, Ketua Panwaslu Makassar, Amir Ilyas mengambil nama salah satu pasangan calon yang ada di kotak pertama. Kemudian nama pasangan calon yang telah diambil, dipersilakan mengambil nomor antrean di kotak kedua.

Lihat pula: "Hasil Quick Count Pilkada Kota Makassar"

Berikutnya pasangan yang mendapatkan nomor antrean pertama dipersilakan lebih dulu untuk mengambil nomor urutnya. Setelah semua pasangan memegang nomor urut, mereka kembali ke tempatnya masing-masing.

Tahap terakhir adalah semua pasangan membuka gulungan kertas yang berisi nomor urut, dipimpin oleh ketua KPUD Makassar Nurmal Idrus sambil membaca basmalah. "Satu, dua, tiga, ayo kertasnya dibuka," kata Nirmal yang diikuti oleh ke-10 pasang calon.

Inilah Nomor Urut Pasangan Calon Wali Kota Makassar 2013:

Nomor urut 1. Adil Patu-Isradi Zaenal,
Nomor urut 2. Supomo Guntur-Kadir Halid,
Nomor urut 3. Rusdin Abdullah- M Idris Patarai,
Nomor urut 4. Herman Handoko-Abd Latif Bafadhal,
Nomor urut 5. Erwin Kallo-Hasbi Ali,
Nomor urut 6. Tamsil Linrung-Das'ad Latif,
Nomor urut 7. Sitti Muhyina-M Syaiful Shaleh,
Nomor urut 8. M Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal,
Nomor urut 9. Irman Yasin Limpo-Busrah Abdullah) dan
Nomor urut 10. Apiati K Amin Syam-H Zulkifli Gani Otto.

Jumlah pemilih yang ada di Kota Makassar adalah 983.990 pemilih yang tersebar di 14 kecamatan, jumlah tersebut diperebutkan oleh Ke-10 pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar.

Berikut profil singkat kesepuluh pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar.

1.Adil Patu adalah ketua PDK Sulsel, pernah mencalonkan diri jadi Walikota Makassar periode sebelumnya, tetapi kalah. Isradi Zainal adalah fungsionaris partai Gerindra.
Partai pendukung: PDK dan Gerindra
Janji : Listrik gratis.

2. Supomo Guntur adalah wakil walikota Makassar saat ini. Kadir Halid adalah adik kandung Nurdin Halid, politisi senior Golkar.
Partai pengusung: Golkar dan PDIP
Janji : Ambulans gratis 24 jam.

3. Rusdin Abdullah adalah ketua Asosiasi Rekanan Dagang dan Industri Indonesia (Ardindo) Sulsel. Idris Patarai adalah mantan Kepala Bappeda Makassar.

4. Herman Handoko dan Latif Bafadhal.
Janji : Angkot gratis.

5. Erwin Kallo adalah seorang advokat, terobosannya "Makassar Idol" menjaring wakil walikota lewat polling sms. Hasbi Ali adalah Dekan Fakultas Hukum UMI.

6. Tamsil Linrung adalah politisi PKS, anggota DPR-RI sekaligus ketua Banggar DPR. Das'ad Latif adalah seorang ulama.
Partai pengusung: Partai PKS, PBR dan Hanura
Janji : penanganan sampah.

7. Muhyina Muin adalah seorang politisi. Syaiful Saleh adalah mantan kepala Dinas pertanian dan Perikanan Makassar.

8. Danny Pomanto adalah seorang teknokrat, telah banyak merancang bangunan megah di Makassar. Syamsu Rizal adalah ketua PMI Makassar.
Diusung oleh; Partai Demokrat dan PBB.

9. Irman Yasin Limpo adalah adik kandung gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Busrah Abdullah adalah politisi PAN.
Janji : Pendidikan gratis yang total dan menyeluruh.

10. Apiaty Amin Syam adalah mantan birokrat Makassar, istri mantan gubernur Amin Syam. Zulkifli Gani Ottoh adalah ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel.
Didukung oleh partai: PKNU, Pelopor, PPI, PBN, PPPI, PDP, PPDI, PKPB, PKBIB, Partai Kedaulatan, PNBKI, PKDI, PPN, PNIM, PPRN, Partai Buruh dan Republikan. -Hasil Quick Count Pilkada-