Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya 2013

logo - lambang kabupaten Kubu Raya
lihat pula: "Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Kubu Raya"
Nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya  secara resmi telah ditetapkan dalam gelaran rapat pleno oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kubu Raya di Hotel Dangau, Kubu Raya, Senin (5/7/2013).

Rapat pleno pengundian tersebut dilakukan di secara terbuka di hadapan Badan Pengawas Pemilu Kalbar, Panwaslu Kubu Raya, simpatisan serta tim sukses masing-masing bakal pasangan calon.

Saat nomor urut pasangan calon Bupati- Wakil Bupati Kubu Raya yang telah diundi dan dibuka secara serempak oleh masing-masing calon, langsung disambut dengan riuh oleh para pendukung yang memenuhi aula hotel.

Nomor urut pasangan yang disampaikan ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Idris Maheru:

  1. Nomor urut satu, Djohansyah dan Ahok Angking yang diusung Partai Demokrasi Kebangsaan dan Partai Demokrat. 
  2. Nomor urut dua, didapatkan oleh petahana Muda Mahendrawan dan Suharjo yang maju dari jalur independen.
  3. Nomor urut tiga, mantan pejabat Bupati Kubu Raya Kamaruzzaman dengan Andi Salmah diusung Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.
  4. Nomor urut empat, pasangan David Maryansyah dengan Hasbulloh yang diusung Partai Kedaulatan, Partai kebangkitan Bangsa, Partai Nasional Indonesia Marhaenisme, Partai Demokrasi Pembaharuan, Partai Matahari Bangsa, Partai Republik Nusantara, Partai Bulan Bintang, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, Partai Kebangkitan Nasional Ulama, dan Partai Persatuan Nahdatul Ummah Indonesia.
  5. Nomor lima, pasangan Rusman Ali dan Hermanus yang diusung Partai Amanat Nasional, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Partai Bintang Reformasi.
Rapat pleno terbuka penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dengan Wakil Bupati Kabupaten Kubu Raya periode 2013-2018 itu, berlangsung lancar, meskipun masing-masing simpatisan dan tim sukses pasangan calon terus menerus menyuarakan yel-yel kampanye masing-masing calon.
Setelah diperoleh hasil nomor urut masing-masing pasangan diketahui, semua pasangan calon menyatakan optimistis bakal menang pada pilkada Kubu Raya .

Ketika pilkada pada 19 September 2013 Djohansyah mengharapkan dengan nomor satu itu nantinya menjadi yang pertama.

sedangkan nomor urut dua yaitu Muda mengharapkan dengan nomor urut dua mudah-mudahan menjadi kesempatan kedua untuk dapat memberikan kontribusi perjuangan kepada masyarakat dalam meneruskan pembangunan pada masa mendatang di daerah itu.

Sedangkan mantan pejabat Bupati Kubu Raya Kamaruzzaman mengatakan angka ganjil sangat disukai oleh Rasulullah sehingga nomor urut tiga yang diperolehnya dapat membawa berkah pada pilkada mendatang.

Untuk nomor urut empat, David berpendapat nomor urut berapapun baginya tetap optimistis akan menang pilkadan.

Di lain pihak Rusman mengaku senang mendapatkan nomor urut lima karena nomor itu mempunyai filosofi yang mendalam ketika dipandang di Indonesia yang mempunyai Pancasila yang jumlah silanya adalah lima, Selain itu, nomor lima juga sama dengan rukun Islam yang ada dalam Agama Islam yang ada lima. Ia mengharapkan angka lima dapat membawa perubahan Kubu Raya secara signifikan pada masa mendatang.

"Setelah proses penetapan nomor urut pasangan calon pada Senin itu, tahap berikutnya merupakan kampanye yang akan dimulai pada 2 September hingga 14 September 2013," jelas Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Idris Maheru.

Idris Maheru juga menambahkan, Setelah itu akan memasuki masa tenang, Kita harapkan tidak ada atribut dan kampanye apapun setelah tanggal 14 September mendatang.