Pemilukada kota Probolinggo - Nomor Urut 4 pasangan calon

logo/lambang kota Probolinggo
Usai ditetapkannya pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo, maka pada hari Minggu (14/7) para kandidat diundang untuk pengundian nomor urut. Dengan demikian tahapan pemilihan umum Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Probolinggo kini memasuki tahap pengundian nomor urut pasangan calon.

Pasangan calon datang dengan berurutan, Bebby Saadiyah Ratih Dewi dan Asad Anshari (Deras), lalu Hj Rukmini SH MSi dan H Suhadak (Harus PAS), disusul pasangan H Zulkifli Chalik SE dan Drs H Maksum Subani SH MMPd (Zam Zam), dan terakhir Hadi Zainal Abidin dan H Kusnan SH (Handalanku).

Dalam kegiatan yang dimulai pukul 08.00, perwakilan KPU Jawa Timur tidak hadir dikarenakan memiliki agenda kegiatan yang sama (sidang pleno), sedangkan Walikota Probolinggo diwakili oleh Sekdakot Johny Haryanto, para anggota FKPD, Ketua KPU dan anggota, perwakilan Satker, Camat, Lurah, anggota PPK, PPS, Ketua Panwaslu dan anggota, Ketua MUI serta LSM maupun awak media. Termasuk para tim pemenangan masing-masing pasangan calon yang dibatasi hanya 15 orang.

setelah dibacakannya profil pasangan calon oleh pembawa acara, Ketua KPU Kota Probolinggo, Drs Sukirman WHP memimpin sidang pleno untuk pengundian nomor urut. Semua kandidat dipanggil ke depan diiringi yel-yel pendukungnya. Baru kemudian Sukirman didampingi oleh semua anggota memasang nomor, dimasukkan ke dalam bola pingpong sambil ditunjukkan kepada para kandidat.

Dari pengundian tersebut dihasilkan: 
1. Nomor urut 1 pasangan Deras ,
2. Nomor urut 2 pasangan Harus PAS,
3. Nomorurut  3 pasangan ZAM ZAM,
4. Nomorurut  4 pasangan Handalanku.

 “Pengundian nomor urut ini sudah final dan mengikat, nomor inilah yang nantinya digunakan di daftar nomor, surat suara dan kampanye, serta dipasang di tiap-tiap TPS,” ujar Sukirman.

Di akhir, Sukirman memimpin Deklarasi Damai bagi semua pasangan calon. Usai membacakan ikrar kampanye damai, siap terpilih dan tidak terpilih, ditandatangani bersama oleh pasangan calon beserta ketua tim kampanye masing– asing. Berikutnya para saksi, Ketua KPU, Ketua Panwaslu, Ketua DPRD, Kapolresta, Dandim 0820, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri. - Hasil Quick Count Pilkada-
Baca juga Hasil penghitungan suara Kota Probolinggo di: "Hasil Quick Count pemilukada Kota Probolinggo"