Home » » 7 Pasang Calon - Pilkada Kabupaten Kupang 2013

7 Pasang Calon - Pilkada Kabupaten Kupang 2013

Written By muhamad nurdin fathurrohman on Wednesday, July 31, 2013 | 6:00 AM

logo/lambang Kabupaten Kupang
Untuk hasil pilkada Kupang 05/08/2013 dapat dilihat Pada: "Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Kupang"
KPUD Kabupaten Kupang telah menerima pendaftaran tujuh paket cabup/cawabup. Sampai hari terakhir, Selasa (2/7/2013) petang. Di hari terakhir, empat paket beramai-ramai mendaftarkan diri. Beberapa hari sebelumnya sudah tiga paket yang mendaftar. Demikian yang dijelaskan Jubir KPUD Kabupaten Kupang, Imanuel Ballo, kepada wartawan, Selasa malam. "Jadi hari Selasa (2/7/2013) ada empat paket yang mendaftar. Sebelumnya sudah ada 3 paket yang mendaftar. Jadi sampai hari terakhir penutupan pendaftaran, total ada tujuh paket yang sudah mendaftar," jelas Ballo.

Dari keempat paket yang telah mendaftar pada hari itu adalah: paket Cabup Jerry Manafe dan Cawabup Vinsen Bureni (Sahabat). Total suara dukungan 18,96 persen. Berikutnya, paket cabup Silvester Banfatin dan Cawabup Anton Natun (Selamat). Paket ini diusung PDIP dan Partai Hanura dengan total dukungan suara 16,67 persen. Selanjutnya, paket cabup Steven Manafe dan cawabup Maher Ora (Manora). Paket ini diusung Partai Demokrat dan PKPI dengan total dukungan suara 16,67 persen. Dan terakhir, paket cabup Melitus Ataupah dan cawabup Sumin Kase. Sandi politik paket ini belum diberi nama. Alasannya masih sementara dicari nama sandi yang pas dan mudah diingat. Paket ini diusung Partai Pakar Pangan dan PDS dengan total dukungan suara sebesar 18,96 persen.

Tiga minggu sebelumnya, tiga paket telah mendaftar. Yaitu paket cabup Ayub Titu Eki dan Cawabup Korinus Masneno (Yuri) yang mendaftar lewat jalur perseorangan (independen). Total dukungan suara 36.450 dukungan KTP yang menyebar di 24 kecamatan. Kemudian pasangan cabup/cawabup, Ir. Aleks Foenay - Ir. Benny Ndoenboey (Abdi). Paket ini didukung 14 partai gurem dengan total dukungan suara 17, 83 persen. Selanjutnya, pasangan cabup Victor Y. Tiran dan cawabup Ny. Maria Nuban Saku (Victory). Paket ini didukung 9 partai gurem dengan total suara dukungan 15,33 persen.

Tahap perbaikan dokumen tujuh bakal pasangan calon sedang dalam proses oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang. Tujuh bakal paslon ini akan ditetapkan sebagai pasangan calon untuk dapat berlaga di Pilkada Kabupaten Kupang. Hal ini disampaikan anggota KPU Kabupaten Kupang, Imanuel (10/7). Imanuel mengatakan, Penetapan pasangan calon akan diselenggarakan 1 Agustus nanti. Sekarang sedang tahap perbaikan dokumen pasangan calon. Pencoblosan pilkada Kabupaten Kupang akan diselenggarakan 5 September.

Inilah tujuh pasangan bakal calon Pilkada Kupang 2013: 
  • Pasangan Ayub Titu Eki dan Korinus Masneno petahana yang mencalonkan merupakan calon perseorangan.
  • Pasangan Viktor Y Tiran dan Maria Nuban Saku. 
  • Pasangan Jerry Manafe dan Vinsen Bureni. 
  • Pasangan Steven Manafe dan Maher Ora. 
  • Pasangan Alexsander Foenay dan Benni Ndoenboei. Keenam, Selvester Banfatin dan Anton Natun. 
  • Pasangan Melitus Ataupah dan Soemin Kase. 
Adapun tujuh bakal pasangan tersebut, enam di antaranya didukung partai, sementara 1 bakal paslon melalui calon perseorangan. #untuk nomor urut silahakan dibaca "Daftar Nomor Urut Pasangan Calon PilbupKupang 2013"
 -Hasil Quick count Pilkada-